KPU Jabar Gelar Silaturahmi Etnis Nusantara Sekaligus Sosialisasi Pilgub Jabar 2018

20171202_202845

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menggelar Silaturahmi Etnis Nusantara Sekaligus Sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018, Sabtu, (2/12/2017), di RM Padang Sambal Lado jalan Soekarno Hatta No.435 Bandung.

Turut hadir, Komisioner KPU Jabar Bidang Sosialisasi dan SDM Nina Yuningsih, Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq, Ketua DPD Ikatan Keluarga Minang (IKM) Wardoli, dan 130 orang dari berbagai Etnis Nusantara yang memiliki KTP Jawa Barat, seperti etnis Jawa Tengah, Minang, Flores, Medan, Sumatra Barat, Riau, dan Palembang.

Komisioner KPU Jabar Bidang Sosialisasi dan SDM Nina Yuningsih dalam sambutannya mengatakan, Pilgub Jabar 2018 kali ini bertema, “Pilgub Jabar Semarak, dan Pilkada Serentak Gembira”.

IMG_20171204_164259

“Karena Pilgub dan Pilkada merupakan Pesta Rakyat, maka identik dengan hiburan,” kata Nina Yuningsih, “Sedangkan Pilgub Jabar 2018 mempunyai makna semangat, mandiri, ramah, dan aksesibel,” ujarnya.

Lebih lanjut Nina Yuningsih menegaskan, KPU Jabar ingin menciptakan Pemilihan yang menyenangkan, “Selama ini terlihat masyarakat semakin terkotak-kotak,” ujarnya, “Potensi konflik di Jabar agak tinggi, karena masyarakatnya majemuk,” ungkapnya.

Mengenai digelarnya Silaturahmi Etnis Nusantara sekaligus Sosialisasi Pilgub Jabar 2018, Nina Yuningsih mengatakan, KPU Jabar ingin menggelar sosialisasi yang penuh keakraban, dan bukan sosialisasi yang konvensional, “Ini yang menjadilkan sosialisasi kali ini semakin menarik,” ujarnya.

IMG_20171204_164306

“KPU Jabar dengan sosialisasi ini menargetkan masyarakat dari berbagai etnis yang memiliki KTP Jawa Barat akan antusias dan berpartisipasi dalam setiap tahapan,” tegas Nina Yuningsih.

Nina Yuningsih menargetkan dengan sosialisasi seperti ini masyarakat akan antusias untuk berpartisipasi dalam Pilgub Jabar 2018, “KPU Jabar menargetkan tingkat partisipasi hingga 75 persen, kami mengajak warga perantau yang berdomisili di Jawa Barat agar menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jabar 2018,” pungkasnya.

Ketua DPD Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Bandung yang juga pemilik RM Padang Sambal Lado, Wardoli mengatakan, dirinya merasa bangga menjadi panitia di acara Silaturahmi Etnis Nusantara Sekaligus Sosialisasi Pilgub Jabar 2018, “Hal ini baru pertama kali terjadi kepada diri saya,” ujarnya, “Semoga dengan adanya silaturahmi ini, sesama perantau yang ada di Jawa Barat menjadi akrab satu sama lain,” kata Wardoli.

Lebih lanjut Wardoli mengatakan saat ini terdapat 2 juta orang Minang yang merantau di Jawa Barat, “Saya optimis mereka semua akan menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jabar 2018,” pungkasnya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.