PT SBL dan BTN Syariah Tawarkan Paket Dana Talang Umroh Tanpa Uang Muka

20171211_124433

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Perusahaan Jasa Travel Umroh dan Haji PT Solusi Balad Lumampah (PT SBL) terus memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan kepuasan bagi calon jamaah umroh dengan dikeluarkannya paket dana talang umroh.

Konsep sederhananya yaitu, calon jamaah berangkat umroh terlebih dahulu, kemudian membayar biaya umroh setelah pulang dengan cara diangsur, konsep seperti ini tentu saja membuat calon jamaah lebih mudah berangkat umroh dan lebih aman.

Untuk mewujudkan keinginan jamaah yang ingin berangkat umroh dengan cara mencicil, PT Solusi Balad Lumampah (PT SBL) dan PT Bank Tabungan Negara Syariah (BTN Syariah) Cabang Bandung menandatangani kerja sama (MoU) penyediaan pembiayaan paket dana talang umroh untuk calon jamaan SBL, Senin, (11/12/2017), di Kantor Pusat PT SBL Gedung Wisma Bumiputera Lantai 5 jalan Asia Afrika No.141-149 Bandung.

Turut hadir dalam penandatanganan Mou, CEO PT SBL H. Aom Juang Wibowo Sastraningrat, Direktur Support System di PT SBL Findarin, dan Branch Manager BTN Syariah Cabang Bandung Untung Surapati.

“Terhitung sejak ditandatanganinya MoU ini maka ke depannya jamaah PT SBL dan keluarganya bisa melakukan umroh tanpa membayar DP,” kata CEO PT SBL H. Aom Juang Wibowo Sastraningrat dalam sambutannya, “Terima kasih kepada BTN Syariah Cabang Bandung atas kerja sama ini,” ujarnya.

Branch Manager BTN Syariah Cabang Bandung Untung Surapati mengatakan, BTN Syariah sering bekerja sama dengan travel-travel di seluruh Indonesia, tetapi kerjasama BTN Syariah Cabang Bandung dengan Biro Umroh PT SBL adalah yang pertama kali, “Mudah mudahan dengan kerja sama ini terjadi sinergi yang baik,” ujarnya.

20171211_124350

“Seperti diketahui BTN Syariah mempunya produk yaitu pembiayaan Multi Jasa Bank BTN Syariah,” ungkap Untung Surapati, “Produk ini adalah pembiayaan yang sifatnya untuk kebutuhan masyarakat banyak, termasuk pembiayaan bagi yang ingin umroh, menikah, atau melanjutkan sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut Untung Surapati mengatakan, di kebanyakan tempat, jamaah yang ingin umroh biasanya harus membayar DP atau berangkat dua tahun mendatang karena uangnya masih di tabung, “BTN Syariah Cabang Bandung mencoba tarik di muka, jamaah yang berangkat umroh akan kita fasilitasi, nantinya jamaah mencicil setiap bulannya, dan fasilitas ini jangka waktu pembayarannya bisa lima tahun bisa sepuluh tahun,” kata Untung Surapati.

“Bila dihitung, keberangkatan umroh dengan tarif 20 hingga 25 juta rupiah kemudian jamaah mencicil selama 10 tahun, maka jamaah hanya mencicil 300 hingga 400 ribu rupiah setiap bulan,” ungkap Untung Surapati, “Dengan konsep ini masyarakat banyak akhirnya bisa berangkat umroh, dan nantinya BTN Syariah tidak hanya melakukan di Bandung saja tetapi di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Mengenai halal tidaknya berangkat umroh dengan cara mencicil, Untung Surapati mengatakan pihaknya mempunyai fatwa dari pengawas dewan syariah, “Untuk pembiayaan umroh dengan mencicil tidak masalah dan dijamin halal,” tegasnya, “Selain itu kita memiliki asuransi jiwa, seandainya nasabah meninggal maka cicilannya langsung lunas,” ujarnya.

Untung Surapati mengungkapkan, dengan adanya fasilitas ini ternyata animo masyarakat yang ingin umroh menjadi meningkat, baik yang datang langsung mendaftar ke BTN Syariah Cabang Bandung maupun ke PT SBL, “Untuk target kita mengikuti target dari SBL yaitu 7000 jamaah per bulan,” ujarnya.

Di akhir paparannya Untung Surapati mengatakan, PT SBL bisa menjadi kepanjangan tangan BTN Syariah bagi masyarakat yang ingin berangkat umroh, “Kerja sama ini dilatarbelakangi dengan keinginan yang baik, terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT SBL kepada BTN Syariah Cabang Bandung,” pungkas Untung Surapati.

20171211_123837

Direktur Support System di PT SBL Findarin mengatakan, PT SBL memberikan enam program kepada para jamaahnya, “Pertama kita memberangkatkan umroh dengan harga bintang lima yaitu Rp.32 juta, harga bintang empat yaitu Rp.28 juta, dan promo-promo lainnya,” ungkapnya.

“Paket Dana Talang Umroh merupakan program PT SBL yang ketujuh, yaitu bagaimana jamaah bisa berangkat umroh dengan tidak membayar DP atau tidak membayar secara tunai sama sekali,” ungkap Findarin

“Jadi jamaah tinggal melakukan pengajuan kepada Bank BTN Syariah Cabang Bandung. nantinya BTN Syariah yang akan membayar secara tunai, dan akadnya senilai bintang lima yaitu Rp.32 juta,” kata Findarin.

“Nasabah nantinya menyicil tanpa bunga sepersen pun, walaupun jamaah berangkat umroh terlebih dahulu, kemudian baru mencicil setelah pulang umroh,” ungkap Findarin, “Cicilannya akan ditentukan nanti, tetapi tanpa bunga sama sekali,” tegasnya.

Findarin mengungkapkan, kerjasama PT SBL dengan Bank BTN Syariah Cabang Bandung untuk menghandle para jamaah pergi umroh adalah yang pertama kali, “Tetapi ke depannya akan menyusul Bank yang lainnya,” ujarnya, “Sampai saat ini belum ada Biro Umroh yang mempunyai skema tanpa DP seperti PT SBL,” tegasnya.

Findarin mengungkapkan, periode November – Desember 2017, PT SBL sudah memberangkatkan 17.000 jamaah padahal tahun 2016 PT SBL hanya memberangkatkan 3500 jamaah per bulan, “Marketing kita hanya dari mulut ke mulut, namun memang pelayanan kami luar biasa,” tegasnya.

20171211_124037

Di akhir paparannya Findarin mengatakan, memang ada pendapat Haji atau Umroh adalah diperuntukkan bagi yang mampu, “Tetapi ada jamaah yang secara finansial tunai tidak mampu, namun secara mencicil mampu, jamaah seperti inilah yang PT SBL bidik,” pungkasnya.

Pemilihan BTN Syariah menjadi Bank yang bekerja sama dengan SBL dalam pemberian dana talang umroh karena SBL menilai BTN Syariah adalah bank yang paling siap dan bagus baik dari segi produk dan ketentuan untuk memfasilitasi dana talang umroh.

Selain itu BTN Syariah sebagai bank milik pemerintah yang dalam pelaksanaan operasionalnya menerapkan prinsip-prinsip syariah akan memberikan ketenangan sekaligus keberkahan kepada proses ibadah umroh yang ditunaikan jamaah.

Dengan adanya fasilitas dana talang umroh, SBL mengharapkan calon jamaah dapat memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan, keamanan yang dijanjikan, kepastian jadwal yang ditentukan, dan kepuasan pelayanan yang diberikan selama melaksanakan ibadah umroh. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.