Jurnalis Peduli Citarum Sikapi Program Citarum Harum

20180212_100300

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sebanyak 18 Jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Citarum (JPC) berkumpul untuk menyikapi peran media di program “Citarum Harum” yang terus disosialisasikan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo.

Rapat Jurnalis Peduli Citarum (JPC) berlangsung, Senin, (12/2/2018), di Hotel Dafam Rio jalan RE Martadinata Bandung, dalam rapat ini, JPC membahas sinergitas langkah dan kegiatan ke depan untuk segala hal yang berhubungan dengan sungai Citarum.

Jurnalis dari Sorot Indonesia Stanley Teguh dalam paparannya mengungkapkan, terdapat beberapa perusahaan tekstil di Kabupaten Bandung yang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sudah memenuhi syarat, namun masih dianggap mencemari sungai Citarum, bahkan di BAP oleh pihak Kepolisian, “Tetapi perusahaan tekstil lainnya yang jelas-jelas IPAL-nya tidak memenuhi syarat dan surat ijin usahanya habis, masih tetap beroperasi,”  ujarnya.

Lebih lanjut Stanley Teguh mengatakan, dirinya mengapresiasi pernyataan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto yang akan mempertaruhkan jabatannya dan siap dipindahtugaskan saat melakukan penegakan hukum terhadap perusahaan yang membuang limbah dan mencemari sungai Citarum.

Lain lagi halnya dengan Jurnalis bernama Farida yang menyoroti anggaran penanganan sungai Citarum yang disinyalir mencapai Rp 35 triliun, “Saya ingin agar penggunaan anggaran untuk sungai Citarum benar-benar transparan dan digunakan sebagaimana mestinya, jangan sampai disalah gunakan,” ujarnya.

Sedangkan Jurnalis bernama Jajat berharap agar media-media besar mau menayangkan kampanye Citarum Harum secara rutin di medianya masing-masing, agar masyarakat semakin mencintai Sungai Citarum dan tidak membuang sampah dan limbah secara sembarangan.

Rapat Jurnalis Peduli Citarum (JPC) semakin seru dengan masukan dari salah satu Jurnalis bernama Elly yang menginginkan diadakan lomba gambar bertema sungai Citarum untuk anak TK dan SD, dengan harapan anak-anak semenjak usia dini sudah mencintai sungai Citarum, “Rencananya lomba gambar akan diadakan di sekitar Jembatan Biru Sungai Citarum,” ujarnya.

Rapat diakhiri dengan kesepakatan bahwa para Jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Citarum (JPC) mendukung penuh program Citarum Harum yang melibatkan anggota Kodam III/Siliwangi, Kepolisian, Pemprov Jabar, dan pihak terkait lainnya, namun para Jurnalis akan memberitakan hal yang sebenar-benarnya tentang sungai Citarum, akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan investigasi, dan berharap pihak yang terkait tidak menggunakan data-data lama tentang sungai Citarum. (BRH)

Comments are closed.