Danlanud Husein Sastranegara: Bulan Dirgantara 2018 Tampilkan Sinergitas TNI-Polri

IMG-20180325-WA0043-1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb M. Iman Handojo S.Ikom menegaskan, rangkaian HUT TNI AU ke-72 bertajuk, “Bulan Dirgantara” yang berlangsung, Minggu pagi, (25/3/2018), di Appron Lanud Husein Sastranegara menampilkan sinergitas antara TNI dan Polri sesuai perintah dari Panglima TNI.

“Panglima TNI juga memerintahkan agar acara HUT TNI AU ke-72, TNI dan Polri melaksanakan olahraga bersama sebagai bentuk sinergitas anatar TNI dan Polri,” kata Danlanud.

Selain olahraga bersama TNI dan Polri, acara Bulan Dirgantara di Appron Lanud Husein Sastranegara menampilkan atraksi motor besar yang dilakukan oleh 16 Polwan yang tergabung dalam “Mojang Lodaya”.

Seusai para Mojang Lodaya melakukan atraksi motor besar yang mampu membuat decak kagum ratusan penonton, Danlanud menyerahkan beberapa helm kepada perwakilan Mojang Lodaya sebagai tanda apresiasi dari Lanud Husein Sastranegara dan. Sosialisasi Tertib Berlalu-lintas.

Mengenai acara “Bulan Dirgantara”, Danlanud mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI AU yang ke-72, “Seharusnya HUT TNI AU berlangsung bulan April, tetapi rangkaiannya bisa diadakan satu bulan sebelumnya, maka akhirnya kita ambil di tanggal 25 Maret 2018,” ungkapnya.

20180325_083521

“Kegiatan Bulan Dirgantara kita adakan secara paralel, jam 7 pagi kita melaksanakan Fun Run sejauh 7,2 kilometer denga mengelilingi Lanud Husein, dilanjutkan acara sunatan massal yang berlangsung di dalam pesawat Hercules, dan puluhan VW Combi,” kata Danlanud, “Sasaran sunatan massal hanya 72 anak, ternyata yang mendaftar membeludak, maka kita tambah hingga total 250 anak, tetapi yang mendaftar ada 400 lebih,” ungkapnya.

“Selain itu Lanud Husein Sastranegara mengadakan donor darah yang diikuti 200 orang, dibantu oleh PMI kota Bandung dan Garut,” kata Danlanud.

“Untuk anak-anak, kami mengadakan lomba mewarnai tingkat TK dan SD, dan lomba menggambar tingkat SMP, SMA, SMK, dengan tema Bandung Kota Dirgantara,” kata Danlanud.

“Bulan Dirgantara tahun ini kami menampilkan atraksi terjun payung yang dilakukan oleh 72 penerjun yang terjun dari pesawat Hercules,” kata Danlanud, “Para penerjun berasal dari pasukan TNI sebanyak 57 penerjun dan 15 penerjun dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI),” kata Danlanud.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Bulan Dirgantara di Lanud Husein Sastranegara, TNI khususnya TNI AU semakin dekat dengan seluruh lapisan masyarakat, saling bersilaturahmi, tukar menukar informasi, pengalaman, dan bergembira bersama,” kata Danlanud, “Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan perintah dari Kasau,” ujarnya, “Bisa saja Bulan Dirgantara dijadikan event tahunan, karena HUT TNI AU memang diselenggarakan setiap tahun,” ungkapnya.

20180325_082348-1

“Kegiatan Bulan Dirgantara memang terlihat ramai, dikarenakan kegiatan ini diselenggarakan secara palarel dan banyak pihak yang membantu dan terlibat secara langsung,” kata Danlanud, “Puncak HUT TNI AU sendiri akan berlangsung pada 9 April 2018 di Jakarta,” ungkapnya.

Mengenai kehadiran Gibran Rakabuming yang merupakan putera dari Presiden RI Joko Widodo di kegiatan Bulan Dirgantara di Lanud Husein Sastranegara, Danlanud mengatakan, kehadiran Gibran tidak sengaja, karena kebetulan Gibran akan terbang ke Solo dari Bandara Husein Sastranegara, “Ketika Gibran sedang menunggu di ruang VVIP, maka kita tawarkan untuk melihat-lihat kegiatan Bulan Dirgantara, dan Gibran sangat antusias melihat kemeriahan acara ini, bahkan Gibran sempat melihat anak yang disunat di dalam pesawat Hercules dan di dalam VW Combi,” kata Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud mengungkapkan, di acara Bulan Dirgantara di Lanud Husein Sastranegara, ditampilkan pertunjukan Pencak Silat dari Silat Sunda Institute dan TNI AU dalam rangka mendorong Pencak Silat sebagai budaya Indonesia ke Unesco, “Saya sudah laporkan tentang pencak silat yang akan didorong ke Unesco kepada Pimpinan, dan Pimpinan sangat mendukung hal ini,” ungkap Danlanud, “Silat yang ditampilkan di Lanud Husein Sastranegara merupakan embrio,” ujarnya.

Di akhir paparannya Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb M. Iman Handojo S.Ikom mengatakan, semoga acara Bulan Dirgantara dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, serta semakin menambah kecintaan masyarakat terhadap dunia Dirgantara dan terhadap TNI AU, “Tahun 2018 merupakan tahun politik, maka konsep acara Bulan Dirgantara adalah menyatukan berbagai lapisan masyarakat, sehingga tumbuh kasih sayang dan tidak ada ribut-ribut,” pungkas Danlanud. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.