Menjelang Mudik Lebaran 2018, Dirut PT KAI Gelar Inspeksi Jalur Kereta

20180410_090008

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Menjelang mudik Lebaran Tahun 2018, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro beserta komisaris dan jajaran Direksi PT KAI menggelar inspeksi jalur kereta dimulai dari Stasiun Bandung.

Ditemui para awak Media, Selasa pagi, (10/4/2018) di Stasiun Bandung jalan Kebon Kawung, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, inspeksi jalur kereta merupakan kesempatan untuk mengecek kesiapan seluruh stasiun yang akan dilalui saat Lebaran.

“Saya bersama Direksi PT KAI mendapat bagian menginspeksi jalur selatan menggunakan kereta inspeksi yang berangkat mulai dari Stasiun Bandung,” kata Edi Sukmoro, “Kebetulan jalur utara berangkat juga Selasa pagi ini,” ujarnya.

“Mulai dari Komisaris, Direksi, Staf di bawah Direksi, dan Deputi direktur semuanya turun untuk mengecek kesiapan jalur kereta,” tegas Edi Sukmoro.

Lebih lanjut Edi Sukmoro mengatakan, pengecekan kesiapan jalur kereta meliputi pelayanan penumpang dan memeriksa titik rawan di sepanjang jalur perlintasan kereta, “Semua dilakukan untuk mengantisipasi longsor, amblas, banjir, bahkan pelemparan batu,” ungkapnya, “PT KAI sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi hal-hal tersebut,” tegasnya.

“Khusus untuk perlintasan kereta yang rawan longsor, PT KAI akan melakukan perbaikan lereng serta melakukan perbaikan penjagaan lintasan,” ungkap Edi Sukmoro.

“Untuk daerah rawan banjir terdapat di perlintasan kereta di wilayah Daerah Operasi lima,” ungkap Edi Sukmoro, “Informasi yang kami terima memang sering terjadi banjir di wilayah ini,” ujarnya, “Maka akan kami antisipasi ketika terjadi banjir di atas 15 sentimeter kereta api tidak boleh jalan,” tegasnya.

Mengenai penjualan tiket kereta api, Edi Sukmoro mengatakan, penjualan tiket untuk mudik Lebaran sudah dibuka, “PT KAI telah menyiapkan 40 perjalanan kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta di musim mudik Lebaran,” tegasnya.

“Penjualan tiket sendiri sudah dilakukan pada H-90, nantinya akan ada kereta tambahan, sehingga jumlah perjalanan keseluruhan di tahun 2018 adalah sebanyak 393 kereta, termasuk 40 kereta tambahan, namun tiketnya dijual nanti,” ungkapnya.

“PT KAI sudah siap menghadapi libur mudik tahun ini,” tegas Edi Sukmoro, “Inspeksi jalur kereta dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan baik,” ujarnya, “Kami saat ini turun langsung ke lapangan dan meninjau titik-titik rawan agar nantinya bisa diantisipasi,” ujarnya.

“Kami juga bekerja sama dan dibantu sebanyak 1600 personel TNI dan Polri, kehadiran mereka untuk membantu PT KAI dalam hal pengamanan sepanjang perlintasan kereta,” ungkap Edi Sukmoro, “Sedangkan untuk di stasiun-stasiun PT KAI dibantu oleh anjing pelacak,” pungkasnya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.