KONE Indonesia Menggelar KONE Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator di Kota Bandung

kone 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pemimpin global industri elevator dan eskalator, PT KONE Indo Elevator (KONE Indonesia) bekerja sama dengan 23 Paskal Shopping Center Bandung menggelar kampanye keselamatan bertajuk, “KONE Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator”, Sabtu, (12/5/2018), di Atrium 23 Paskal Shopping Center jalan Pasirkaliki Bandung.

Kampanye ini diadakan KONE Indonesia dalam rangka mengajak anak-anak dan orang tua untuk peduli terhadap keselamatan saat menggunakan Elevator dan Eskalator, turut hadir dalam kampanye keselamatan ini, Managing Director KONE Indonesia Yandy Januar, Safety and Quality Manager KONE Indonesia Diperanata Sinulingga, dan Area Regional Manager Jabar-Jateng KONE Indonesia Arie Wibowo Mukti.

Managing Director KONE Indonesia Yandy Januar saat ditemui para awak media mengungkapkan, KONE Indonesia mengadakan Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator dikarenakan angka kecelakaan anak-anak saat menggunakan Eskalator tanpa pengawasan orang tua terutama di daerah masih tinggi, “Untuk jumlah kasus kecelakaan kami tidak mengetahuinya, karena memang jarang diekspose dan dilaporkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Yandy Januar mengatakan, untuk memberikan edukasi tentang Elevator dan Eskalator maka KONE Indonesia mengambil inisiatif dan menjadi pelopor kampanye keselamatan, “Kegiatan Safety Campaign yang dikemas sambil bermain ini di mulai di kota Bandung, setelah itu kami akan melanjutkan ke Surabaya, Makassar, dan beberapa kota lainnya,” ungkapnya, “Karena menurut kami kota-kota selain Jakarta penting untuk dilakukan kampanye keselamatan,” ujarnya.

Yandy Januar mengatakan, kampanye keselamatan dalam menggunakan Eskalator penting, karena memberikan edukasi bukan hanya kepada anak-anak tetapi kepada orang tua, “Karena kontribusi orang tua bila ada kecelakaan pada anak-anak cukup besar, biasanya orang tua belanja tetapi anaknya dilepas dan bermain-main di sekitar eskalator, kemudian anak tersebut naik ke atas Handrail sehingga jatuh bahkan sampai ada yang meninggal,” ungkapnya.

“Kasus kecelakaan eskalator lainnya diantaranya, tangan anak ditusuk-tusukan ke lubang eskalator yang pada akhirnya terjepit dan sampai putus, ada juga kasus tali sepatu anak lepas dan terjepit eskalator, hal seperti inilah yang kami edukasi,” kata Yandy Januar, “Kita berharap anak dan orang tua semakin sadar bahwa eskalator bukan untuk bermain tetapi alat transportasi, sama juga halnya dengan lift,” ungkapnya, “Kasus Kecelakaan penggunaan Lift dan Eskalator selain di Indonesia terdapat di China dan India, karena populasi di kedua negara tersebut cukup besar dan tingkat edukasi agak rendah,” ungkapnya.

kone 2Yandy Januar mengungkapkan, KONE Indonesia akan menjalankan kampanye keselamatan setiap tahun, “Karena bila kami tidak menjadi pionir kampanye keselamatan, bisa jadi tidak ada pihak yang mengadakan kampanye keselamatan seperti ini,” ujarnya.

“Saat ini kami sedang mencari pihak-pihak yang mau bekerjasama mengkampanyekan keselamatan menggunakan eskalator, maka kami berterima kasih kepada Mall 23 Paskal yang telah peduli pada kampanye keselamatan ini,” kata Yandy Januar.

Mengenai Safety (keamanan) produk KONE, Yandy Januar mengungkapkan, pihaknya tidak berkompromi dalam hal Safety, “Karena di perusahaan kami Safety merupakan High Priority Area, dan Safety bagi kami tidak bisa dinegosiasi,” tegasnya, “Safety ada dua, Safety bagi pekerja kami dan Safety produk,” ungkapnya.

Mengenai keunggulan produk KONE, Yandy Januar mengatakan, keunggulan produk KONE baik itu eskalator dan lift mengacu pada standar Eropa, “Seperti diketahui, standar Eropa tidak ada kompromi untuk keselamatan, dan tidak mungkin ada negoisasi untuk spesifikasi produk,” tegasnya, “Customer bila sudah membeli produk KONE maka akan mendapatkan Safety yang tinggi dengan standar Eropa,” ujarnya.

Mengenai penjualan produk KONE, Yandy Januar mengungkapkan, dalam satu tahun pihaknya mampu menjual lebih dari 1.000 unit untuk pasar di Indonesia, “Kami merupakan Market Leader untuk penjualan eskalator dan lift, KONE Indonesia berdiri sejak 1994, dan daerah operasi kami ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bali, Medan dan daerah lainnya,” ungkapnya, “Seperti diketahui pertumbuhan apartemen saat ini luar biasa dan ada di mana-mana, sehingga mampu mendukung bisnis kami, dan pertumbuhan  produk KONE Indonesia di atas 20 persen, dan akan meningkat terus,” ujarnya.

Yandy Januar menjelaskan, Customer lift KONE tertinggi ada di China, dikarenakan populasinya tinggi, selain itu Pabrik Kone terbesar ada di China dengan luas 24 hektar, “Penjualan produk KONE di China mencapai lebih dari 100.000 unit per tahun, sedangkan Indonesia kebutuhan lift/eskalator hanya 7.000 unit per tahun,” ungkapnya, “Maka pangsa pasar terbesar kami ada di China, untuk pasar Asia Pasifik penjualan produk KONE di Australia cukup bagus, dilanjutkan Singapura, Malaysia,” ujarnya.

kone 3“Produk KONE 100 persen impor dan tidak ada komponen lokal, dikarenakan kebutuhan lift dan eskalator di Indonesia masih belum besar yaitu 7.000 unit  per tahun, sangat jauh bila dibandingkan kebutuhan lift dan eskalator di China yang mencapai 800.000 per tahun,” ungkap Yandy Januar, “Kita membuat produk kami di China, sedangkan untuk produk High Speed dan untuk gedung-gedung tinggi kami produksi di Finlandia,” ujarnya.

Di akhir paparannya Yandy Januar berharap pengguna produk KONE semakin banyak dan masyarakat semakin sadar dan peduli terhadap Safety, “Jangan menganggap Safety sebagi hal yang remeh dan sepele, karena hal sepele dapat membuat celaka,” ujarnya, “Selain itu kami berharap acara kampanye keselamatan dapat mengedukasi masyarakat secara luas dan meningkatkan kesadaran akan keselamatan penggunaan elevator dan eskalator terutama bagi anak-anak dan orangtua, kami akan terus berkomitmen menjadikan keselamatan sebagai prioritas kami,” pungkasnya.

Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator yang diadakan KONE Indonesia di kota Bandung merupakan wujud nyata dari komitmen KONE terhadap keselamata anak-anak yang menggunakan escalator dan elevator, selain itu KONE memberikan edukasi kepada orang tua agar dapat membimbing anak-anak bagaimana menggunakan elevator dan escalator yang aman dan benar.

KONE akan terus bekerja keras untuk memperkuat budaya keselamatan secara proaktif dan mempromosikan program KONE Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator di beberapa kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Kegiatan KONE Safety Campaign for Children-Riding Elevator and Escalator di kota Bandung yang berlangsung di Atrium 23 Paskal Shopping Center jalan Pasirkaliki Bandung berlangsung meriah dengan metode belajar sambil bermain dan praktik langsung yang dibimbing oleh tenaga terampil dari KONE, dalam kegiatan ini anak-anak diajak  untuk belajar menggunakan elevator dan eskalator yang benar dan aman dengan cara yang menyenangkan dibantu oleh dua maskot keselamatan KONE yaitu Max dan Bob. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.