Bawaslu Jabar Gelar Apel Siaga Pengawas Pemilu se-Jawa Barat di Arcamanik Sport Center

bawaslu11ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sebanyak 2.000 anggota Panwas Kecamatan, Panwas Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat mengikuti Apel Siaga Pengawas Pemilu se-Jawa Barat yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Sabtu, (23/6/2018), di Arcamanik Sport Center Bandung, turut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Drs. Harminus Koto, M.I.Kom, dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Irjen M. Iriawan.

Ketua Bawaslu Jabar seusai Apel Siaga mengatakan, pihaknya yakin Pilkada serentak di Jawa Barat dalam hal ini pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di 16 Kabupaten dan Kota akan berjalan dengan aman, damai, serta  menjadikan Jawa Barat sebagai Pilkada terbaik di Indonesia.

“Apel Siaga Pengawas Pemilu se-Jawa Barat digelar dengan tujuan untuk persiapan menghadapi pencoblosan Pilkada serentak pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang, mulai di tingkat Provinsi hingga di Tempat Pemungutan Suara,” kata Ketua Bawaslu Jabar, “Pengawas Pemilu se-Jawa Barat akan mengawasi saat pencoblosan, pemungutan suara, dan rekapitulasi mulai dari Kecamatan, Kabupaten, Kota, hingga tingkat Provinsi, agar tidak ada kecurangan,” tegasnya, “Bawaslu Jawa Barat siap bekerja 24 jam, dan akan ada 10.000 anggota yang nantinya diterjunkan pada kegiatan Pilkada serentak di Jawa Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Bawaslu Jabar mengatakan, setelah selesai masa kampanye pada 23 Juni 2018, maka mulai pukul 00.00 WIB, Bawaslu Jabar bekerja sama dengan KPU, Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, Paslon, Satpol PP, dan Linmas akan mencopot serta membersihkan seluruh alat peraga kampanye tiap Paslon, “Rencananya pembersihan akan dilakukan serentak di 27 kabupaten dan kota serta 667 Kecamatan,” ujarnya.

bawaslu 22“Dalam upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Bawaslu Jabar telah melakukan pencegahan preventif, pemilih sudah menyadari bahwa pribadi sendirilah yang memiliki hak suara untuk mengikuti pencoblosan, selain itu seluruh persiapan mulai dari kotak suara, surat suara, dan perlengkapan lainnya telah siap,” tegasnya.

Berkaitan dengan daerah-daerah rawan konflik, Ketua Bawaslu Jabar menegaskan pihaknya telah mengantisipasinya, “Kami bekerjasama dengan pihak Kepolisian,” ujarnya, “Memang dikhawatirkan ada Money Politik, menggunakan hak suara orang lain, pemilih bukan dari wilayahnya, dan pemilih yang belum cukup umur, tetapi semua sudah diantisipasi Bawaslu Jabar,  bentuk antisipasinya jika ada yang melakukan hal tesebut, maka akan ditindak secara pidana,” pungkasnya.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Irjen M. Iriawan dalam pernyataan singkatnya mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat optimis dengan kerja Bawaslu Jabar dalam mensukseskan tahapan Pilkada serentak di Jawa Barat, “Saya berharap anggota Bawaslu Jabar menjaga netralitas, meskipun Bawaslu Jabar memiliki hak suara, namun jangan sampai mengajak atau mengarahkan pemilih ke salah satu Paslon, namun kami percaya netralitas Bawaslu Jabar,” ujarnya, “Yang terpenting  Pilkada serentak di Jawa Barat dapat berjalan aman, lancar, jujur dan adil,” tegasnya.

Setelah Apel Siaga, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilukada yang dilaksanakan di GOR Youth Center Arcamanik Sport Center Bandung, narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kapolda Jabar, Pangdam/ III Siliwangi, Ketua KPU Jabar, dan Kajati Jabar, Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilukada dibuka secara resmi oleh Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja. (BRH)

Comments are closed.