RSHS Kerahkan 236 Pegawai Saat Lebaran

20180531_165321

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Manajemen Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin (RSHS) kembali membuka Poliklinik Siaga dan mengerahkan 236 pegawai untuk bersiaga selama libur cuti bersama Idul Fitri 1439 H.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama RSUP dr. Hasan Sadikin, dr. R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K), M.Kes, MMRS., saat Jumpa Pers sekaligus Buka Puasa Bersama Media, Kamis, (31/5/2018), di RSHS jalan Pasteur Bandung.

“Dengan adanya Poliklinik Siaga, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan pada saat libur lebaran tidak perlu resah, karena seperti tahun sebelumnya RSHS tetap melayani masyarakat,” kata Nina Susana Dewi di awal paparannya.

Lebih lanjut Nina Susana Dewi mengatakan, selain Poliklinik Siaga, klinik lain yang masih akan operasional adalah Klinik MDR TB dan Klinik Terapi Rumatan Metadon, “Klinik ini hanya libur satu hari saat Hari Raya Idul Fitri, mengingat beberapa pasien masih harus mendapatkan terapi di kedua klinik ini,” ungkapnya.

“Untuk pasien kemoterapi yang sudah terjadwalkan, akan tetap dilayani, sehingga kebutuhan kemoterapi bagi pasien kanker tidak terputus,” kata Nina Susana Dewi, “Pelayanan hemodialisa pun berjalan seperti biasa dengan jadwal yang sudah ditentukan petugas sebelumnya,” ujarnya.

“Namun saat Hari Raya Idul Fitri, RSHS tidak melayani pasien rutin, dan hanya melayani pasien non rutin serta pasien cito, sedangkan untuk spesialistik dan subspesialistik telah dijadwalkan kepada masing-masing pasien melalui telepon,” kata Nina Susana Dewi.

Selain mengerahkan 236 pegawai, Nina Susana Dewi menegaskan, pelayanan IGD seperti biasa dilakukan siaga 24 jam on site dengan antisipasi petugas on call bila ada lonjakan kasus seperti korban massal kasus kecelakaan lalu lintas.

20180531_165313

“Semoga libur Lebaran yang cukup panjang di tahun 2018 bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkumpul dengan keluarga, dan semuanya diberi kelancaran dan kesehatan,” pungkas Nina Susana Dewi.

Poliklinik Siaga Idul Fitri RSHS dibuka pada tanggal, 11, 12, 13, 19, dan 20 Juni 2018, dengan waktu pendaftaran mulai pukul 07.30 hingga 12.00 WIB.

Klinik yang beroperasional adalah Klinik Penyakit Dalam, Bedah, Anak, dan Obygn yang berlokasi di Gedung Anggrek lantai 2 lorong 2D, dengan akses masuk kendaraan melalui G12 di jalan Eijkman Bandung.

Selain itu, menurut info yang didapat, pihak PMI akan membuka donor darah 24 jam, namun bila pasien akan melakukan tranfusi darah diharapkan membawa donor darah pengganti, karena golongan darah A dan AB sudah menipis, bahkan sebelum puasa golongan darah ini dalam keadaan kosong.

Untuk mengantisipasi kekurangan darah, PMI juga akan mengaktifkan donor darah non muslim di gereja dan pendonor di Masjid.

Masyarakat luar dan dalam kota Bandung yang akan libur lebaran akan dimanjakan dengan kehadiran Puskesmas keliling di beberapa taman di kota Bandung seperti Taman Super Hero, Taman Balaikota, dan beberapa taman lainnya.

Namun yang patut diperhatikan masyarakat harus memperhatikan pola makan dan jangan berlebihan menyantap segala makanan di Hari Lebaran, karena berpotensi mengalami gangguan pencernaan, selain itu berhati-hati dengan hidangan Lebaran yang selalu dipanaskan setiap harinya. (BRH)

Comments are closed.