Perwiranusa Gelar Sosialisasi Program Sejuta Rumah Bersubsidi Bagi Anggota Polri

IMG-20180817-WA0017

ARCOM.CO.ID ,Jatinangor. Perkumpulan Wirausahawan Rumah Rakyat Nusantara (Perwiranusa) DPW Jawa Barat dalam upaya memenuhi kebutuhan hunian di Jawa Barat, menggelar sosialisasi kepemilikan rumah murah bersubsidi atau dikenal dengan “Program Sejuta Rumah” bagi anggota Polri, PNS jajaran Satbrimob Polda Jabar, Kamis, (16/8/2018), di Aula Satbrimob Polda Jabar jalan Kol. Ahmad Syam Cikeruh Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Ketua Umum Perwiranusa DPW Jabar Ir. Yan Permana MM mengatakan, tujuan sosialisasi untuk menjalankan program pemerintah “Program Sejuta Rumah”, “Juga untuk mengakomodir anggota Polri, dan PNS jajaran Satbrimob Polda Jabar untuk memiliki rumah yang layak,” tegasnya.

Lebih lanjut Yan Permana mengatakan, selama ini masih ada yang belum mendapat rumah, maka dari pihak asosiasi pengembang mendukung supaya terakomodir dengan baik.

Seperti diketahui, Perwiranusa DPW Jawa Barat di tahun 2018 menargetkan pembangunan rumah sebanyak 50.000 unit, namun baru dibangun 10.000 unit, “Perwiranusa DPW Jawa Barat berharap target 50.000 unit bisa tercapai,” ujar Yan Permana.

“Perwiranusa DPW Jawa Barat optimis bisa memenuhi target 50.000 unit rumah walaupun nilai dolar saat ini cukup tinggi,” ungkap Yan Permana, “Kami-pun berharap asosiasi, pengembang dapat terakomodir dengan baik,” pungkasnya.

IMG-20180817-WA0015

Mengenai program Sosialisasi Kepemilikan Rumah Murah Bersubsidi atau dikenal dengan “Program Sejuta Rumah”, terungkap, program ini akan dilanjutkan ke kompi Satbrimob terdekat yang berada di wilayah Garut dan daerah lainnya.

Wakasat Brimob Polda Jabar AKBP Budi Satrijo, S.I.K. Mhum mengatakan, pihaknya menyambut acara sosialisasi, dan berharap para anggota Polri dan PNS di jajaran Satbrimob Polda Jabar dapat segera memiliki rumah yang layak.

Kasubag Renmin Satbrimob Polda Jabar Kompol Wawan Gunawan mengatakan, kerjasama antara Polri, Perwiranusa DPW Jabar, dan para pengembang, disambut antusias anggota Satbrimob maupun PNS, “Anggota Satbrimob dan PNS yang telah mendaftar dan memenuhi syarat tercatat 882 orang,” ungkapnya.

“Sangat antusias, karena kami mengundang beberapa pengembang dan pihak pemberi fasilitas Kredit Pemilikan Rumah dari Bank BRI Cabang Jatinangor Kabupaten Sumedang,” ujar Wawan Gunawan .

“Dari 250 peserta yang hadir di acara sosialisasi ternyata 60 persen mendaftarkan diri untuk dapat memiliki rumah murah bersubsidi dan tidak dipungut biaya apapun, kecuali dalam bentuk cicilan,” ungkap Wawan Gunawan, “Seluruhnya mulai dari akad kredit tidak ada pemungutan biaya apapun,” pungkasnya.

IMG-20180817-WA0016

Salah seorang pengembang yang juga pengurus Perwiranusa DPW Jabar asal Sumedang Riki Fazri Sujana, SE, MM., mengatakan, wilayah Sumedang menjadi titik lokasi pembangunan perumahan bagi anggota Satbrimob Polda Jabar, “Pembangunan perumahan telah sesuai dengan instruksi Kapolri terkait kesejahteraan anggota Satbrimob di seluruh Indonesia, khususnya anggota Polri di wilayah Kabupaten Sumedang untuk memiliki rumah,” ujarnya, “Perwiranusa DPW Jabar mengakomodir instruksi tersebut karena memang rekapnya telah keluar,” ujarnya.

Lebih lanjut Riki Fazri Sujana mengatakan, dalam menentukan titik lokasi pembangunan perumahan, terdapat beberapa kriteria, “Yang dijadikan pertimbangan pemilihan lokasi salah satunya adalah ‘Range’ antara tempat kerja dengan lokasi rumah sekitar 10 kilo meter,” ungkapnya, “Kebetulan saja lokasinya dekat dengan Mako Satbrimob Mapolda Jabar,” ujarnya.

“Terdapat tiga lokasi yang sudah ditentukan menjadi pilihan lokasi perumahan, diantaranya, Graha Mas Tanjungsari, Banyuresmi Leles Garut dan Cimanggung Sumedang,” ungkap Riki Fazri Sujana, “Hingga saat ini yang telah mendaftar ada di tiga lokasi, dan tergantung keperluan anggota, seperti faktor kedekatan dengan keluarga, dan Home Base,” ungkapnya.

Riki Fazri Sujana mengungkapkan, dari tiga lokasi yang dipilih, terdapat 100 unit rumah di Banyuresmi Garut dengan tipe 36/60 (subsidi) dengan harga dipatok Rp.130 juta, dan tipe 42/66 (komersil) dengan harga Rp. 195Juta, “Sedangkan di Tanjungsari dibangun sesuai permintaan, yaitu 30 unit yang baru dibangun dengan tipe flet,” ungkapnya.

Riki Fazri Sujana mengatakan, dari tiga lokasi (Banyuresmi Garut, Tanjungsari dan Cimanggung Sumedang) untuk rencana pembangunan perumahan, luas tanah yang digunakan seluas 40 hektar. (BRH / RLS / HAR)

Comments are closed.