Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro Bandung Usung Konsep One Stop Service

kimia farma 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir menegaskan, Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship di jalan Diponegoro Bandung merupakan Laboratorium terbesar di Jawa Barat dan memiliki layanan berstandar internasional  serta mengusung konsep One Stop Pemeriksaan Laboratorium dan Medical Check Up.

Hal ini ditegaskan Honesti Basyir saat meresmikan Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro, Kamis, (9/8/2018), di jalan Diponegoro Bandung, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar.

“Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro Bandung merupakan klinik Kimia Farma yang paling besar, dan hingga saat ini Kimia Farma telah memiliki 55 Laboratorium Diagnostic di seluruh Indonesia, dan kita akan membangun lagi 10 Laboratorium di kota-kota besar di Indonesia,” kata Honesti Basyir.

Lebih lanjut Honesti Basyir mengatakan pembangunan Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro Bandung merupakan komitmen Kimia Farma untuk melengkapi dunia kesehatan di Indonesia, dan untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, “Laboratorium ini termasuk lengkap, mulai dari pemeriksaan darah, pemeriksaan kolesterol, jantung, dan berbagai pemeriksaan lainnya,” ujarnya.

kimia farma 2“Tujuan dibangunnya Laboratorium ini yaitu agar masyarakat secara rutin memeriksakan kesehatannya secara rutin, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya,” kata Honesti Basyir, “Karena sakit itu mahal,” ujarnya.

Mengenai adanya Lab Coffee di samping Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro, Honesti Basyir mengungkapkan, Lab Coffee dibangun lebih kepada memberikan perbedaan dengan Laboratorium lain, “Sehingga pengunjung yang datang tidak bosan dan lebih Fun,” ujarnya.

“Bila laboratorium ini bisa memberikan kontribusi yang baik, maka akan kita bangun di kota-kota lain,” kata Honesti Basyir, “Laboratorium ini didesain untuk menjadi Lab yang modern, karena menggunakan teknologi terkini, dan Lab ini telah mendapatkan sertifikasi internasional,” ungkapnya.

“Di kota Bandung kita hanya membuat satu Flagship, tetapi tetap disupport dengan Laboratorium kecil lainnya untuk menjembatani pelanggan yang rumahnya jauh,” ungkap Honesti Basyir, “Walaupun banyak bertebaran Laboratorium kompetitor di kota Bandung, tetapi tujuannya sama, yaitu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” tegasnya.

kimia farma 3“Laboratorium ini bisa menggunakan BPJS, dan untuk institusi, pemerintahan maupun korporasi, kami memberikan harga yang sesuai dan terjangkau,” kata Honesti Basyir, “Selain itu kami memberikan paket-paket pemeriksaan kesehatan, bahkan di bulan Agustus 2018, kami memberikan paket pemeriksaan khusus bagi yang berulang tahun, dan ini merupakan bagian dari kami untuk memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan,” ujarnya.

Di akhir paparannya Honesti Basyir mengungkapkan, saat ini penyakit yang setiap tahunnya tumbuh tinggi di Indonesia adalah penyakit yang berhubungan dengan lifestyle, “Contohnya penyakit jantung dan kanker, maka kita berharap dengan adanya Laboratorium ini, maka masyarakat bisa rutin memeriksa kesehatannya, dan jangan setelah sakit baru memeriksakan kesehatan,” pungkasnya.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship selain diresmikan di kota Bandung juga diresmikan secara serentak di delapan kota lainnya di Indonesia, yaitu, Yogyakarta, Singaparna, Serang, Aceh, Pekanbaru, Cilacap, Mamuju, dan Ternate.

kimia 4Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro Bandung memberikan berbagai layanan kesehatan, diantaranya pemeriksaan laboratorium (rutin, rujukan, dan penunjang penelitian), pemeriksaan non laboratorium (fisik lengkap, Spirometri, Audiometri, Rontgen, Panoramic, Elektrokardiogram atau EKG, Ultrasonography atau USG, dan Treadmill), serta konsultasi kesehatan kerja dan konsultasi gizi.

Sedangkan pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan diantaranya, Test Drug Monitoring (TDM), Narkotest, Alergi Test, Tumor Marker, Cardio Marker, Uji Fertilitas, Imunologi, Serologi, Urinalisa, Hematologi, Kimia Klinik (alat tes fungsi ginjal, tes fungsi hati, Diabetes Mellitus), Biomolekuler Virus, dan Onkologi.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Flagship Diponegoro Bandung yang dibangun di atas tana h seluas 1.700 m2 dilengkapi dengan dokter spesialis berpengalaman, paramedis, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang kompeten, Lab Coffee, Mushola, Taman, dan berbagai fasilitas lainnya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.