Siomay dan Samosa Terbesar di Indonesia Akhirnya Masuk Rekor ORI

ori 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Original Rekor Indonesia (ORI) akhirnya memasukkan Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia buatan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) DPD Jawa Barat ke dalam buku rekor ORI, Sabtu, (1/9/2018), di Kantor Pusat ORI Komplek Putraco Gading Regency jalan Soekarno Hatta Bandung.

Acara pembuatan Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia yang berlangsung di halaman Kantor Pusat ORI dihadiri President ORI Agung Elvianto, Ketua Pelaksana Pemecahan Rekor ORI Eko Adityo, dan ratusan masyarakat sekitar.

“Pemecahan rekor Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia merupakan yang pertama kali terjadi di kota Bandung,” kata President ORI Agung Elvianto di awal paparannya, “Pemecahan rekor yang dibuat oleh Perkumpulan Chef Profesional Indonesia ini masuk ke dalam kategori pribadi,” ujarnya.

ori2Lebih lanjut Agung Elvianto mengatakan, kota Bandung perlu bangga dengan pemecahan rekor Siomay terbesar di Indonesia, karena Siomay merupakan makanan khas dari kota Bandung, “Sedangkan Samosa merupakan gabungan makanan Indonesia dengan makanan India, sehingga terjadi kolaborasi produk dua negara, bahkan rekor kali ini mendekati rekor dunia pembuatan Samosa terbesar di London Inggris,” ungkapnya.

Di akhir paparannya Agung Elvianto mengatakan, selain pemecahan rekor Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia, acara dimeriahkan atraksi kebudayaan  seperti Pencak Silat, Sisingaan, Kendang, Debus, Reak, dan atraksi Bambu Gila.

Ketua Pelaksana Pemecahan Rekor ORI Eko Adityo mengatakan, pembuatan Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia dibuat oleh Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) DPD Jawa Barat dalam rangka menyambut HUT Kota Bandung yang ke-208.

ori4“Sebanyak 50 orang anggota PCPI DPD Jawa Barat dikerahkan untuk membuat Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia, dan akhirnya ORI mencatat Siomay berdiameter 110 cm dan panjang 80 cm serta Samosa dengan panjang 110 cm dan lebar 85 cm sebagai rekor ORI,” kata Eko Adityo.

“Untuk pembuatan Siomay dibutuhkan waktu 8 jam dan bahan-bahan seperti ikan tenggiri sebanyak 20 kilogram, dan tepung terigu sebanyak 120 kilogram, ” ungkap Eko Adityo, “Kesulitan pembuatan Siomay dan Samosa yaitu durasi dan ketika proses pembentukan,” pungkasnya.

Pembuatan Siomay dan Samosa menjadi tontonan ratusan masyarakat sekitar, dan sebelum Siomay dan Samosa dibagikan, masyarakat mencicipi Dim Sum dan Cake buatan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia sembari dihibur berbagai atraksi kesenian Sunda.

Acara pembuatan Rekor Siomay dan Samosa terbesar di Indonesia semakin meriah dengan kehadiran Tokoh Sunda yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan, dan atraksi Sulap yang dikolaborasikan dengan sosialisasi anti Narkoba dari Badan Narkotika Nasional. (BRH)

Comments are closed.