Tim Program Kemitraan Masyarakat UNJANI Melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pada Dua Industri Mikro Bidang Pemesinan

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Tim Pengabdian pada Masyarakat – UNJANI melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pada dua industri mikro bidang pemesinan.

Program tersebut terlaksana karena dukungan pendanaan Tahun Anggaran 2018 dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (DPRM – Kemenristekdikti).

Bengkel Kembang Sore di Kota Cimahi dan CV Egindo di sekitar perbatasan Kota Cimahi – Bandung yang merupakan dua usaha mikro di bidang manufaktur logam digandeng sebagai Mitra oleh Tim PKM – UNJANI.

Kegiatan pelatihan teori praktis dan praktek serta pendampingan dalam aspek teknikal (khususnya dalam penanganan dan pengasahan perkakas potong) serta manajemen diberikan pada kedua Mitra PKM dalam rentang waktu Juli sampai dengan September 2018.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan dan menguatkan daya saing dengan mengembangkan kemampuan produksi yang selama ini telah dijalankan oleh kedua Mitra PKM.

Bantuan fasilitas pendukung produksi berupa mesin gerinda pahat untuk mendukung peningkatan kemampuan produksi serta kelancaran dan keberhasilan program kegiatan juga diserahkan dalam program ini.

Selain penanggungjawab produksi, masing-masing Mitra PKM menugaskan dua orang karyawannya untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Laboratorium Proses Produksi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, UNJANI – Cimahi.

Program pelatihan dan pendampingan semacam ini merupakan bukti kepedulian pemerintah dan perguruan tinggi kepada masyarakat yang memiliki potensi peningkatan dan pengembangan secara ekonomi.  (BRH / Bowo)

Comments are closed.