Bandung Philharmonic Menggelar Konser Simfoni Kelas Dunia “Legenda” di Hilton Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Bandung Philharmonic di musim keempatnya kembali berkolaborasi dengan Hilton Bandung menggelar Konser Simfoni bertajuk  “Legenda”, konser ini akan digelar, Minggu, (23/9/2018), di Ballroom Hilton Bandung jalan HOS. Tjokroaminoto (Pasirkaliki) mulai pukul 19.00 WIB.

Sebelum Konser Simfoni “Legenda” digelar, Bandung Philharmonic mengadakan Concert Workshop bagi Media, Rabu, (19/9/2018), di Jovo Meeting Room Hilton Bandung, turut hadir memberikan materi Workshop, Direktur Artistik Bandung Philharmonic Michael Hall dan Robert Nordling, serta Marcomm Manager Hilton Bandung Winda Yuliani sebagai penerjemah.

“Kami tidak akan mengajarkan cara menulis kepada media, tetapi kami kami memberi masukan bagaimana caranya media dapat masuk dan melebur ke dalam konser Bandung Philharmonic,” kata Direktur Artistik Bandung Philharmonic Michael Hall di awal materi Workshop, “Kami sadar sudah lama media menulis tentang suatu konser musik, maka kami ingin menjadi teman bagi media,” ujarnya.

Lebih lanjut Michael Hall mengatakan, masih banyak media yang belum memahami tentang musik klasik, “Maka kami ingin membantu dengan memberikan misi, visi, dan poin-poin penting suatu konser simfoni,” tegasnya.

Michael Hall menyarankan agar media yang meliput suatu konser simfoni mewawancarai Conductor, Soloist, Executive Director, Composer, dan Audience, “Khusus untuk Konser Simfoni “Legenda” ada empat komposer, yaitu Johannes Brahms, Franz List, Marisa Sharon Hartanto, dan Ludwig van Beethoven,” pungkasnya.

Direktur Artistik Bandung Philharmonic Robert Nordling menambahkan, Audience yang nantinya datang ke Konser Simfoni “Legenda” di Hilton Bandung dipastikan senang musik, dan ingin melihat sesuatu yang baru, “Kami selalu menghargai penonton yang suka maupun yang tidak suka sajian musik kami, tapi kamipastikan penonton akan mendapatkan hal yang baru, dan hanya melihat pertunjukan seperti ini sekali seumur hidupnya,” tegasnya.

Setelah para awak Media mengikuti Concert Workshop yang diadakan Bandung Philharmonic, akhirnya mereka mendapat pengetahuan tentang apa itu Concert Classical, sejarah dan perkembangan musik klasik, peraturan-peraturan ketika meliput suatu konser musik klasik, serta visi dan misi Bandung Philharmonic dalam membantu perkembangan musik klasik di tanah air dan membantu anak-anak untuk mencintai musik klasik sejak dini.

Seusai mengadakan Concert Workshop, Bandung Philharmonic langsung menggelar Press Conference Konser Simfoni “Legenda” di tempat yang sama, turut hadir Composer in Residence Marisa Sharon Hartanto yang juga seorang pianis, dan komponis lulusan Royal Holloway University London, dan Pianis Aryo Wicaksono yang kerap menjadi solois pada konser dan festival di Amerika Serikat, Kanada, Asia, dan Eropa, sekaligus pianis Indonesia pertama yang membawa musik klasik Barat dan mendapatkan posisi musisi residen di American University of Sharjah United Arab Emirates.

“Saat Konser Simfoni “Legenda” saya akan membawakan karya berjudul ‘Ngasirah’ yang mengisahkan tentang ibunda R.A Kartini, dan karya saya ini diperdengarkan untuk pertama kalinya di Indonesia,” kata Marisa Sharon Hartanto.

Kehadiran Marisa Sharon Hartanto di konser ini menjadi suatu kebanggan, karena Marisa atau biasa disapa Sharon telah mencapai prestasi yang luar biasa, diantaranya memenangkan kompetisi Baroque Remixed Project yang diselenggarakan oleh BBC Concert Orchestra.

Pianis Aryo Wicaksono kepada awak media menjelasan, dirinya saat konser nanti akan menggunakan piano buatan musisi Wong Aksan yang merupakan mantan drummer band Dewa, piano buatan Wong Aksan tidak kalah dengan piano buatan luar negeri seperti Steinway and Sons maupun Kawai, “Saya akan membawakan komposisi Totentanz karya Franz Liszt,” pungkasnya.

Tajuk ‘Legenda’ dipilih Bandung Philharmonic karena seluruh karya yang akan dimainkan dalam konser ini merupakan karya-karya legendaris dari musisi besar di setiap zamannya.

Karya dari komponis besar lain yang akan disuguhkan pada konser ini adalah “Overture Tragis” oleh Johannes Brahms dan “Simfoni no. 5 dalam C minor” oleh Ludwig van Beethoven.

Reservasi konser “Legenda” saat ini telah dibuka, pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui www.yellowdoor.id, dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai detail konser  “Legenda”, dapat menghubungi nomor:  082218000266. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.