Lanud Suryadarma Menata Pembangunan Aset Tanah TNI AU Di Cikopo Kabupaten Purwakarta

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Purwakarta. Aset Tanah TNI Angkatan Udara di Desa Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta akhirnya bisa terselamatkan setelah 40 tahun terbengkalai dan kurang dipelihara pasca pengosongan.

Berdasarkan pantauan Tim Aset Lanud Suryadarma, Sabtu pagi (22/9/2018), lahan milik TNI AU di Desa Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta mulai ditata dan dibangun Pos Jaga TNI AU dan Gapura Pintu Masuk oleh Lanud Suryadarma, dan pembangunan ini telah memasuki proses Finishing.

Sebelumnya di lahan ini telah dikerjakan pembangunan Helipad dan pagar duri yang telah selesai dibuat di seluruh sisi lahan seluas 17,9  hektar, selanjutnya pembangunan yang akan dilaksanakan adalah pemadatan jalan dan saluran air.

Sesuai rencana, di lokasi sekitar Helipad akan dibuat penghijaunan dengan cara menanam 4.000 pohon, untuk tahap pertama akan ditanam 700 batang dengan rata-rata tinggi 1,5 meter hingga 2 meter.

Tim Aset Lanud Suryadarma menjelaskan, hingga saat ini pembangunan Helipad terus dikebut pembuatannya, “Sejauh ini kita baru membereskan pemasangan pagar duri, perataan lokasi, pembuatan Pos Jaga TNI AU dan gapura di pintu masuk dengan pengerjaannya sudah memasuki  tahap 75 persen,” ungkapnya, “Semoga pembangunan ini cepat selesai, sehingga kita bisa lebih baik lagi dalam mengamankan aset TNI AU,” tegasnya.

Terkait adanya informasi dari warga setempat di lokasi pembangunan, yang mengatakan masih ada eks warga dahulu yang mengisi lahan dan merasa keberatan dengan pembangunan di lahan tersebut,Tim Aset Lanud Suryadarma sangat menyayangkan hal tersebut, “Lanud Suryadarma dalam menjalankan sejumlah pembangunan telah melalui mekanisme yang benar,” tegasnya, “Adapun yang mempermasalahkan galian tanah di lokasi  pembangunan Helipad, dikarenakan memang harus dilakukan untuk perataan tanah dan perapihan lahan tanah agar lebih dapat difungsikan dengan optimal,” ujarnya.

“Galian tanah tersebut merupakan kebutuhan untuk perataan tanah dan perapihan lahan hingga beberapa hari ke depan,” ungkap Tim Aset Lanud Suryadarma, “Dalam pelaksanaanya  kita telah melibatkan pemerintahan dan warga setempat,” tegasnya.

Secara terpisah, menurut pengakuan warga setempat yang enggan disebutkan namanya , Warga Desa Cikopo sangat mendukung pembuatan Pos Penjagaan yang berada ditanah TNI AU sendiri, menurut warga tersebut, dalam pelaksanaan sejauh ini, pihak TNI AU dari Lanud Suryadarma selalu melibatkan warga sekitar dan kontribusinya sangat dirasakan oleh warga. (BRH / RLS)

Comments are closed.