Samsung Serahkan Donasi Rp1,5 Miliar Bagi Korban Gempa Lombok

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. (25/9/2018). Samsung Electronics Indonesia menyerahkan donasi sebesar Rp 1,5 Miliar melalui Palang Merah Indonesia (PMI) yang selanjutnya akan disalurkan kepada para korban gempa Lombok.

Keseluruhan donasi rencananya akan digunakan untuk membangun 500 hunian sementara bagi 500 kepala keluarga, konstruksi dan rehabilitasi sistem perpipaan, tampungan air dan titik distribusi sepanjang kurang lebih dua kilometer di sekitar area masyarakat yang terdampak gempa, penyediaan jamban sehat, layanan kesehatan PMI termasuk klinik keliling dan Home Based Care,  satu unit ambulans untuk PMI Kabupaten Lombok Timur, serta persediaan air bersih sebanyak 200.000 liter di Dusun Lekok dan Menggala Lombok Utara.

Selain itu, Samsung Electronics Indonesia bersama karyawan Service Center secara mandiri telah membuka Posko Samsung Peduli serta dapur umum di titik pengungsian Dusun Lekok dan Menggala dimulai pada 16 September 2018.

Kedua posko ini menyediakan layanan cuci gratis bagi para warga, serta dapur umum yang  menyediakan 600 bungkus makanan setiap harinya bagi warga setempat.

Setelah satu minggu beroperasi, Posko Samsung Peduli di titik pengungsian Dusun Lekok dan Menggala telah melayani pencucian baju bagi 771 orang, dan Posko ini mencuci rata-rata 1.770 pakaian setiap harinya, sedangkan dapur umum Samsung menghasilkan lebih dari 9.000 bungkus makanan, sedangkan team Service Center telah memberikan perbaikan gratis untuk 23 unit alat elektronik milik warga yang rusak akibat bencana gempa.

Seperti diketahui, bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan rangkaian gempa yang dimulai pada 29 Juli 2018 dengan beberapa kali guncangan antara empat hingga tujuh skala Richter.

Menurut laporan Palang Merah Indonesia, per tanggal 15 September 2018, total jumlah warga yang terdampak bencana gempa Lombok sebanyak 509.677 orang, dengan rincian 560 orang meninggal dunia, 7.757 orang luka-luka, dan 396,032 orang terpaksa mengungsi.

Bencana gempa ini  mengakibatkan 81.022 unit rumah rusak berat sehingga mengakibatkan orang-orang  kehilangan tempat bernaung, ditambah rusaknya sarana dan prasarana umum sebanyak 1,154 unit.

Khusus di Kabupaten Lombok Utara, tercatat 467 orang meninggal dunia, 829 orang luka-luka, dan 101.735 orang menghuni posko pengungsian.

President Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon mengatakan, pihaknya sangat prihatin dengan apa yang menimpa saudara-saudara di Lombok, terutama untuk area-area yang terkena dampak gempa paling besar, dan masih membutuhkan bantuan, terutama di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Untuk itu, kami membangun Posko Samsung Peduli di Dusun Lekok dan Menggala Lombok Utara,” kata JaeHoon Kwon, “Kami meneruskan kepedulian kami dengan  mendonasikan Rp 1,5 Miliar melalui PMI untuk membangun hunian sementara, konstruksi dan rehabilitasi perpipaan saluran air, persediaan air bersih, penyediaan jamban sehat, layanan kesehatan, dan bantuan mobil ambulans,” ujarnya.

“Dari program ini kami mengharapkan dapat menghasilkan manfaat bagi 20.000 masyarakat terdampak, sehingga mereka memiliki semangat untuk membangun kembali hidup mereka pascabencana gempa Lombok,” pungkas JaeHoon Kwon.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Ritola Tasyama mengatakan, pihaknya menyambut baik bantuan Samsung dan siap  menyalurkan donasi bagi masyarakat Lombok, “Dengan diskusi dan koordinasi yang dilakukan sangat cepat serta kooperatif, nantinya 500 hunian yang akan kami bangun akan membantu hingga 2.000 jiwa, sedangkan layanan kesehatan kami targetkan dapat melayani hingga 5.000 jiwa,” tegasnya.

“Dalam kegiatan klinik keliling, kami juga akan melakukan Trauma Healing bagi warga khususnya anak-anak, karena sebagian dari mereka masih ada yang merasa ketakutan untuk kembali tidur di dalam bangunan rumah,” ungkap Ritola Tasyama, “Kami berharap rangkaian program ini termasuk pengadaan air bersih dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga sekaligus menurunkan resiko kematian pascabencana gempa NTB,” pungkasnya.

Pengadaan air bersih di Desa Lekok dan Menggala Lombok Utara telah dimulai sejak 16 September 2018 bersamaan dengan beroperasinya posko Samsung Peduli, karena saat ini air bersih merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat Lombok Utara yang sebagian masih berada di posko pengungsian.

Sementara pembangunan konstruksi dan rehabilitasi perpipaan saluran air bersih dan jamban bersih pada masyarakat terdampak gempa akan dimulai pada Oktober 2018.

Program kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan 500 hunian sementara pada Oktober 2018, dan diperkirakan selesai pada Desember 2018, sementara bantuan satu unit ambulans dan layanan program kesehatan PMI berupa klinik keliling, Home Based Care, dan fisioterapi, akan dimulai Desember 2018 hingga Februari 2019.

Di Posko Samsung Peduli Lombok yang berlokasi di titik pengungsian Dusun Lekok dan Dusun Menggala Lombok Utara, masing-masing tersedia 10 mesin cuci Samsung yang memberikan layanan cuci gratis untuk membantu para pengungsi mendapatkan hasil cucian yang bersih serta meringankan beban mereka.

Terdapat tiga microwave Samsung di setiap posko untuk menyiapkan makanan siap saji dan menghangatkan makanan, satu unit kulkas Samsung untuk penyimpanan minuman dan bahan makanan, serta satu TV Samsung 55 inci untuk memenuhi kebutuhan informasi maupun hiburan.

Samsung juga menyediakan pusat telekomunikasi di masing-masing posko Samsung Peduli yang dilengkapi dengan lima unit smartphone Samsung yang memungkinkan para pengungsi melakukan komunikasi dengan sanak saudara dan kerabat mereka secara gratis, terdapat pula lima unit tablet yang dapat digunakan untuk Education Games dan hiburan bagi anak-anak di sekitar posko.

Awalnya posko ini direncanakan beroperasi hingga 30 September 2018, namun setelah melihat respon dari para pengungsi dan manfaat yang mereka terima, Samsung memutuskan memperpanjang semua layanan kecuali dapur umum hingga 14 Oktober 2018.

Bersamaan dengan program Samsung peduli Lombok, seluruh warga yang tinggal di Pulau Lombok bisa mendapatkan program bantuan layanan servis dan penggantian suku cadang produk-produk Samsung secara gratis.

Layanan ini dikhususkan untuk peralatan rumah tangga seperti TV, mesin cuci, kulkas, sound bar, vacuum cleaner, dan microwave yang berlaku sejak 17 September hingga 30 September 2018.

Untuk mendapatkan program bantuan ini, warga Lombok yang menjadi korban gempa dapat datang dan menginformasikan ke Posko Samsung Peduli Lombok yang berlokasi di Dusun Lekok dan Dusun Menggala, kemudian tim servis Samsung akan mengunjungi dan membawa produk untuk diperbaiki, dan bagi konsumen di luar area Posko Samsung Peduli Lombok, dapat menghubungi contact center Samsung di nomor: 08001128888, dan nantinya teknisi Samsung akan melakukan perbaikan dan kunjungan langsung ke rumah. (Bagoes Rinthoadi / RLS)

Comments are closed.