PT Sinar Continental Gelontorkan Satu Miliar Rupiah Demi Program Citarum Harum

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Direktur PT Sinar Continental Andrew Wibowo mengklaim, demi mendukung Program Citarum Harum, pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar satu miliar rupiah untuk penambahan instalasi pengolahan limbah berupa beberapa bak filter dan penambahan jenis obat Chemical, agar limbah yang dikeluarkan pabriknya sesuai dengan apa yang diinginkan Satgas Citarum dan masyarakat Jawa Barat.

Hal ini dikatakan Andrew Wibowo saat menerima kunjungan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Satgas Citarum, dan para awak Media dalam rangka pengecekan ulang Instalasi Pembuangan air Limbah (IPAL) PT Sinar Continental, Selasa, (2/10/2018), di jalan Industri Cimahi.

“Selama PT Sinar Continental berdiri, kami sangat memperhatikan aspek lingkungan disaat pembuangan limbah kami mengeluarkan limbah cair maupun limbah lainnya,” kata Direktur PT Sinar Continental Andrew Wibowo di awal paparannya, “Kami menganggap serius isu lingkungan, dikarenakan kami merupakan bagian dari Jawa Barat, dan kami ingin memberikan yang terbaik bagi Jawa Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut Andrew Wibowo mengungkapkan, sebelum Satgas Citarum terbentuk, PT Sinar Continental selalu berusaha meningkatkan pengolahan limbah cair pabriknya, “Kami selalu menjaga baku mutu yang telah diatur oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi,” tegasnya.

“Namun kami sangat menghargai kehadiran Satgas Citarum melalui Dansektor 21 yang mengarahkan agar limbah yang dibuang pabrik kami sudah harus lebih jernih dan sebaiknya terdapat ikan di ujung outlet pengolahan limbah,” kata Andrew Wibowo, “Kami sudah melakukan upaya tersebut, hingga pada akhirnya hasil limbah yang diolah pabrik kami sudah melebihi baku mutu,” ujarnya.

“Kami menyadari untuk menghasilkan limbah yang jernih dan aman bagi ekosistem sungai dibutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit,” ungkap Andrew Wibowo, “Saat pertama kali Satgas Citarum Sektor 21 menyambangi perusahaan kami, sebenarnya kami sudah mampu menunjukkan olahan limbah yang cukup baik, hanya saja menurut Dansektor 21 limbah hasil pengolahan pabrik kami masih perlu ditingkatkan agar benar-benar aman untuk ekosistem,” pungkasnya.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, Satgas Citarum Sektor 21 mengapresiasi usaha dan upaya yang dilakukan PT Sinar Continental dalam melakukan peningkatan hasil pengolahan limbah, “Kami menginginkan pabrik terus menjaga hasil pengolahan limbahnya seperti ini, yaitu jernih dan terdapat ikan yang hidup,” ujarnya, “Apabila pabrik sudah dapat menjernihkan, tinggal bagaimana menjaga lingkungan sebagai bentuk dukungan terhadap Satgas Citarum dalam mengembalikan ekosistem sungai,” pungkasnya.

Saat kunjungan dan pengecekan ulang Instalasi Pembuangan air Limbah (IPAL) PT Sinar Continental, Dansektor 21 Satgas Citarum didampingi Direktur PT Sinar Continental Andrew Wibowo, dan para Staf perusahaan, melihat secara langsung limbah hasil pengolahan akhir pabrik yang saat ini terlihat lebih jernih dari sebelumnya, bahkan terdapat ikan yang hidup di ujung outlet pengolahan limbah PT Sinar Continental.

PT Sinar Continental yang merupakan perusahaan tekstil dan memproduksi segala jenis kain interior diharapkan berkomitmen dan terus menjaga hasil pengolahan limbahnya agar selalu jernih dan aman bagi ekosistem sungai sebagai bentuk dukungan terhadap Program Citarum Harum yang telah diamanahkan Peraturan Presiden RI Nomor15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. (BRH / CUY)

Comments are closed.