PT Cemara Agung Dukung Program Citarum Harum

ARCOM.CO.ID ,Cicalengka. PT Cemara Agung yang berlokasi di Jalan Raya Cicalengka Kabupaten Bandung, Senin, (8/10/2018), menerima kunjungan untuk kedua kalinya dari Satgas Citarum Subsektor Cicalengka serta Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, didampingi awak media yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Citarum (JPC), rombongan TVRI Jawa Barat, dan beberapa anggota LSM.

Kunjungan Satgas Citarum menindaklanjuti sidak pertama pengecekan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT Cemara Agung, dan kunjungan kedua kali ini dalam rangka pengecekan ulang IPAL PT Cemara Agung apakah sudah jernih atau belum.

“Kurang lebih dua minggu yang lalu saya dan Satgas Citarum melakukan Sidak ke PT Cemara Agung,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat ketika diwawancara para awak media di bawah terik matahari dan bau pengolahan limbah PT Cemara Agung, “Saat itu ikan terlihat hidup di bak indikator outlet PT Cemara Agung, namun airnya masih terlihat kurang bening dan sedikit berwarna,” ujarnya.

“Hari ini dalam kunjungan kedua Satgas Citarum, setelah kita cek hasil air pengolahan limbah PT Cemara Agung sudah bening,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum sambil menunjukkan sampel air di dalam botol mineral.

“Hal ini menunjukkan ada upaya dan komitmen dari pemilik pabrik PT Cemara Agung untuk membantu Satgas Citarum Harum mempercepat proses pengembalian ekosistem yang terdapat di Daerah Aliran Sungai Citarum,” tegasnya.

“Saya memahami PT Cemara Agung mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki IPAL, namun itulah komitmen yang harus dilakukan perusahaan untuk menjaga lingkungan khusunya sungai Citarum,” tegasnya.

Direktur PT Cemara Agung Bonny Oeij menegaskan, perusahaan yang ia pimpin sejak awal berkomitmen limbah yang dihasilkan masuk dalam baku mutu, “Saat sidak pertama, memang air hasil pengolahan limabah yang dihasilkan perusahaan kami kurang jernih, maka dalam dua minggu sejak sidak, kami memperbaiki IPAL kami dan hasilnya sekarang jernih,” ujarnya.

“Selama ini PT Cemara Agung fokus di Treatment, dan setiap hari kami mengecek hasilnya supaya jernih dan stabil,” ungkap Bonny Oeij, “Pastinya kami berkomitmen penuh mendukung Program Citarum Harum,” pungkasnya.

Seusai memeriksa IPAL PT Cemara Agung, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, dan Direktur PT Cemara Agung Bonny Oeij melakukan penandatanganan Surat Pernyataan yang dibuat oleh PT Cemara Agung yang isinya antara lain pihak perusahaan wajib menjaga kondisi hasil olahan limbah. (BRH / ST)

Comments are closed.