Dansektor 21 Satgas Citarum Yusep Sudrajat Beri Teguran Keras Pada PT Adetex

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Senin, (22/10/2018), kembali memberikan teguran keras kepada manajemen PT Adetex yang berlokasi di Jalan Raya Banjaran Kabupaten Bandung karena masih membandel membuang limbah kotor berwarna hitam ke sungai Cisangkuy.

“Saya harap PT Adetex kooperatif dengan tidak membuang limbah kotor ke sungai Cisangkuy, padahal lubang saluran pembuangan limbah PT Adetex dalam keadaan dicor,” tegas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat saat melakukan Sidak ke PT Adetex, “Bila masih membandel akan saya proses PT Adetex sampai ke Pengadilan,” tegas Yusep Sudrajat di hadapan manajemen PT Adetex.

Lebih lanjut Yusep Sudrajat menegaskan, terkait limbah kotor yang dibuang PT Adetex ke sungai Cisangkuy, pihaknya bersama Satgas Citarum Harum Sektor 21 telah berbicara kepada manajemen PT Adetex sejak Mei 2018, “Hingga Oktober 2018 PT Adetex tetap tidak mau berubah, bahkan saya mempertanyakan apakah PT Adetex memiliki izin dalam membuat pipa pembuangan limbah komunal,” ujarnya.

“Saluran pembuangan limbah PT Adetex selalu bocor dan masih beroperasi, padahal lubang pembuangan limbah PT Adetex sudah dicor,” ungkap Yusep Sudrajat, “Kalau manajemen PT Adetex mau keras-kerasan dengan saya dan Satgas Citarum akan saya layani, kemanapun akan saya ikuti,” tegasnya, “Aneh pabrik lain mau berubah tapi PT Adetex tidak mau, kalian ini menipu-nipu saja, dan saya harap PT Adetex jangan main-main dengan saya,” ujarnya.

“Saya malu terhadap masyarakat karena sungai Cisangkuy menghitam akibat ulah PT Adetex,” kata Yusep Sudrajat, “Satgas Citarum bertugas menjaga lingkungan sungai Citarum karena diperintahkan secara langsung oleh Presiden,” tegasnya.

Penanggungjawab IPAL PT Adetex yang bernama Asep mengatakan, pihaknya mengaku tidak pernah membuang limbah kotor ke sungai Cisangkuy, “Yang dibuang ke sungai adalah air buangan cucian dari saringan,” ungkapnya, “PT Adetex masih terus memperbaiki IPAL dan terus me-recycle air limbah,” ujarnya.

Seusai memberikan teguran keras kepada manajemen PT Adetex, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat memantau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) selama 3 jam untuk mencari lubang saluran pembuangan limbah PT Adetex yang diduga masih membuang limbah kotor ke Sungai Cisangkuy, seusai Sidak, Yusep Sudrajat memerintahkan Satgas Citarum Sektor 21 untuk Standby mengawasi PT Adetex selama satu minggu penuh. (BRH)

Comments are closed.