Dansektor 21 Satgas Citarum Temukan Limbah Berwarna Kuning di PT Ichi Cimahi

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi masih menemukan air limbah berwarna kuning di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT Ichi Textile Mills & Machinery jalan Cibaligo 149A Cimahi, Senin, (12/11/2018).

Hal ini terungkap saat Yusep Sudrajat  bersama jajarannya melakukan sidak ke sejumlah pabrik di kawasan Cimahi guna mengecek apakah masih ada pabrik yang membuang limbah kotor ke sungai Cibaligo Cimahi.

Kedatangan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan rombongan diterima secara langsung oleh Direktur PT Ichi Textile Mills & Machinery Su Cheoe Shun, dalam kesempatan tersebut rombongan langsung menuju IPAL PT Ichi untuk melihat hasil akhir pengolahan air limbah, namun sangat disayangkan ternyata air limbah masih berwarna kuning dan belum bening seperti air mineral, padahal limbah akhir berwarna bening merupakan parameter Sektor 21 Satgas Citarum.

“Seusai melakukan sidak ke IPAL PT Ichi Textile Mills & Machinery, Yusep Sudrajat langsung memberikan penjelasan kepada Su Cheoe Shun terkait pengolahan air limbah yang masih berwarna kuning, “Dahulu air limbah yang berwarna masih bisa direhabilitasi oleh air sungai itu sendiri, namun saat ini sudah tidak bisa karena mata air sudah banyak berkurang,” kata Yusep Sudrajat di awal paparannya, “Karena bila air limbah berwarna dibuang ke sungai, maka nanti endapannya akan menjadi lumpur dan mengandung limbah B3,” tegasnya.

Lebih lanjut Yusep Sudrajat mengatakan, Satgas Citarum memang diberi kewenangan untuk melokalisir saluran pembuangan limbah suatu pabrik apabila ketahuan membuang limbah kotor ke sungai, “TNI turun mengurus sungai Citarum dikarenakan situasinya sudah darurat, dan bila pabrik masih membandel membuang limbah kotor ke sungai maka pihak Polisi akan mengambil tindakan hukum,” tegasnya.

Direktur PT Ichi Textile Mills & Machinery Su Cheoe Shun dihadapan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan para awak media mengatakan, pihaknya dahulu mampu membuat air limbah berwarna bening, namun ternyata ikan tidak dapat hidup di air tersebut karena mengandung racun, “Kami selalu mempunyai itikad baik untuk memperbaiki kualitas air limbah di pabrik kami,” ujar Su Cheoe Shun terbata-bata.

Seusai pertemuan antara Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dengan Direktur PT Ichi Textile Mills & Machinery Su Cheoe Shun, dilakukan penandatanganan surat pernyataan yang isinya antara lain PT Ichi akan melakukan pengolahan limbah dengan baik dan sesuai baku mutu, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

PT Bapintri/Sokolancar

Sebelum melakukan sidak ke PT Ichi Textile Mills & Machinery, rombongan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi terlebih dahulu melakukan sidak ke PT Bapintri/Sokolancar yang berlokasi di jalan raya Leuwigajah Cimahi.

Rombongan Dansektor 21 Satgas Citarum diterima secara langsung oleh perwakilan pabrik yang bernama Tarsa, yang kemudian diajak berkeliling melihat IPAL PT Bapintri/ Sokolancar, dan hasilnya air limbah yang telah diolah berwarna bening dan cukup memuaskan Dansektor 21 Satgas Citarum, bahkan ikan koi dan ikan mas dapat hidup di outlet PT Bapintri/Sokolancar.

PT Antelas

Seusai melakukan sidak ke PT Bapintri Sokolancar, rombongan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan jajaran Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi melanjutkan sidak ke PT Antelas di jalan Cibaligo Cimahi, rombongan diterima secara langsung oleh anak pemilik pabrik yang bernama Victor Wiratama.

Setelah berkeliling melihat IPAL PT Antelas, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat terkesan dengan keseriusan PT Antelas dalam mengolah air limbahnya, karena setelah dicek hasil akhir pengolahan air limbah pabrik ini berwarna bening sesuai parameter Sektor 21 Satgas Citarum.

Saat sesi wawancara, Victor Wiratama mengatakan, pihaknya selalu mendukung program Citarum Harum dengan cara menghasilkan limbah yang telah diolah hingga berwarna bening, “Kami akan terus meningkatkan IPAL kami agar hasil limbah kami selalu bening, dan kami juga berencana melakukan Recycle air limbah,” pungkasnya.

Seusai pertemuan dengan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Victor Wiratama melakukan penandatanganan surat pernyataan di atas materai yang isinya antara lain, PT Antelas akan terus menjaga hasil olahan limbah dalam kondisi bersih dan bening. (BRH)

Comments are closed.