Dansektor 21 Satgas Citarum Sidak IPAL PT Kamarga Kurnia

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat bersama jajaran Sektor 21 Satgas Citarum melakukan sidak ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT Kamarga Kurnia yang berlokasi di jalan Cibaligo Cimahi, Rabu, (14/11/2018).

Sidak Kolonel Inf Yusep Sudrajat ke PT Kamarga Kurnia adalah untuk melihat proses IPAL dan melihat air limbah hasil olahan pabrik pencelupan ini apakah sudah memenuhi parameter Sektor 21 yaitu bening seperti air mineral.

Rombongan Dansektor 21 Satgas Citarum diterima secara langsung oleh Direktur PT Kamarga Kurnia Wirianto Djakaria, dan Manager Safety PT Kamarga Kurnia Wawan Suwandi, selanjutnya rombongan dibawa berkeliling melihat fasilitas IPAL PT Kamarga Kurnia yang dibangun dengan biaya 10 miliar rupiah.

Saat diwawancara para awak media, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat terkesan melihat fasilitas IPAL PT Kamarga Kurnia, dan puas melihat air limbah olahan pabrik ini bening, bahkan ikan dapat hidup di air limbah hasil olahan PT Kamarga Kurnia.

“Hasil air limbah olahan PT Kamarga Kurnia sudah memenuhi parameter Sektor 21 yaitu bening dan ikan dapat hidup di outlet yang berisi air limbah olahan,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat di awal paparannya, “Saya rasa PT Kamarga Kurnia telah berbuat lebih untuk program Citarum Harum dengan mengolah air limbah hingga bening, untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi langkah yang dilakukan pabrik ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, walaupun pihaknya baru pertama kali melakukan sidak ke PT Kamarga Kurnia, namun pabrik ini penataan IPAL-nya sudah baik mulai dari kebersihan dan pengolahannya yang memenuhi standar, “PT Kamarga Kurnia dapat dijadikan contoh bagi pabrik-pabrik lain yang ingin segera membenahi IPAL-nya,” ujarnya.

Direktur PT Kamarga Kurnia Wirianto Djakaria mengatakan, pihaknya sudah sejak tiga tahun belakangan membenahi sistem IPAL, “Kami sangat mendukung program Citarum Harum, dan siap menjaga kelestarian lingkungan di wilayah pabrik kami,” ujarnya.

Seusai meninjau IPAL PT Kamarga Kurnia, Direktur PT Kamarga Kurnia Wirianto Djakaria disaksikan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat menandatangani Surat Pernyataan Komitmen yang isinya antara lain PT Kamarga Kurnia akan terus mempertahankan kualitas hasil olahan limbahnya. (BRH / ST)

Comments are closed.