Buang Limbah Ke Sungai, PT CGN Dikenai Sanksi Sosial oleh Dansektor 21 Satgas Citarum

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. PT Central Georgette Nusantara (CGN) yang berlokasi di jalan Cibaligo KM 1,7 No 45 Cimahi Selatan, Kamis pagi, (15/11/2018), akhirnya dikenai sanksi sosial membersihkan sampah di aliran sungai Cibaligo Cimahi oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat karena sehari sebelumnya kedapatan membuang air limbah beracun berwarna hitam pekat ke sungai Cibaligo Cimahi.

Sebelum sanksi sosial membersihkan sungai dilakukan, pihak PT CGN berjumlah 140 orang dipimpin oleh Danramil 0922/Cimahi selaku Dansubsektor 21-13 Mayor Inf Mamin Masturi mewakili Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melaksanakan apel sekaligus diberikan arahan agar tidak lagi membuang limbah beracun ke aliran sungai.

“Kita semua berkumpul di lapangan PT CGN dalam rangka kebaikan, dan melaksanakan kegiatan yang baik,” kata Danramil 0922/Cimahi selaku Dansubsektor 21-13 Mayor Inf Mamin Masturi  mewakili Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Percuma kita semua berkumpul bila tidak ada niat baik,” tegasnya.

Lebih lanjut Mayor Inf Mamin Masturi mengatakan, pihaknya memberikan sanksi sosial kerja bakti membersihkan sungai berdasarkan perintah dari komando atas, “Kegiatan membersihkan sungai dilakukan karena ekosistem DAS Citarum sudah sangat rusak, dan yang merusaknya adalah kita semua,” tegasnya.

“TNI terjun ke lapangan mengurus sungai Citarum dikarenakan keadaan sungai Citarum sudah sangat darurat,  karena bila sungai Citarum tidak segera ditangani dengan baik, maka bencana dan malapetaka akan datang kepada kita semua,” kata Mayor Inf Mamin Masturi.

“Kemarin PT Central Georgette Nusantara (CGN) yang merupakan perusahaan besar telah melakukan hal negatif yang berdampak besar terhadap lingkungan, yaitu membuang limbah beracun ke sungai,” ungkap Mayor Inf Mamin Masturi, “Mulai sekarang tidak boleh lagi pihak pabrik membuang limbah ke sungai, dan hal kecil yang dapat dilakukan karyawan PT CGN adalah jangan lagi membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Di akhir apel, sebanyak 140 karyawan dan pimpinan PT Central Georgette Nusantara (CGN) melakukan ikrar yang isinya antara lain, pihak pabrik dan karyawan PT CGN berjanji tidak akan lagi membuang limbah beracun ke sungai Citarum.

Pantauan di lapangan 140 orang karyawan PT CGN dan manajemen baik pria dan wanita sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB melakukan sanksi sosial berupa kerja bakti membersihkan sampah di aliran sungai Cibaligo dengan semangat.

Danramil 0922/Cimahi selaku Dansubsektor 21-13 Mayor Inf Mamin Masturi  mewakili Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, ketika mengawasi kegiatan kerja bakti mengatakan, sanksi sosial membersihkan sampah di aliran sungai Cibaligo sepanjang 2,5 km merupakan sanksi yang cukup ringan dan sederhana,  “Namun kegiatan ini harus dijadikan momentum dan menjadi hikmah bagi pihak pabrik,” ujarnya.

Manager HRD PT Central Georgette Nusantara (CGN) Tresno ditemui di kegiatan kerja bakti mengatakan, pihak PT CGN dengan besar hati menerima sanksi sosial yang diberikan Satgas Citarum, “Kami mengakui kejadian kemarin merupakan kesalahan manusia atau Human Error,” ujarnya dengan terbata-bata, “Kesalahan membuang limbah ke sungai yang dilakukan salah satu karyawan tetap menjadi tangung jawab semua karyawan PT CGN,” tegasnya, “Semoga kejadian kemarin dan sekarang menjadi pelajaran bagi kami, dan kami dalam bekerja akan selalu berhati-hati dan tidak boleh lalai,” pungkasnya. (BRH)

Comments are closed.