Karya Bakti Citarum Harum Sektor 21 Diliput TVN Polandia

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Kegiatan Karya Bakti membersihkan sampah di aliran sungai Cisangkan Cimahi yang dipimpin oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, Jumat, (16/11/2018), akhirnya diliput oleh para Jurnalis Polandia dari TV Nowa (TVN) yang merupakan jaringan televisi komersial terbesar di Polandia.

Empat Jurnalis TVN Polandia yang bernama Hubert Mastalerz, Jacek Bartosz Tacik, Marcin Warszawski dan Marcin Slawomir, meliput kegiatan Karya Bakti gabungan yang melibatkan lima Subsektor, 98 personel Satgas Citarum Sektor 21,ditambah 50 warga masyarakat sekitar sungai Cisangkan, dan 25 karyawan PT Nisshinbo Indonesia.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, lima Subsektor yang terlibat dalam kegiatan Karya Bakti membersihkan Sungai Cisangkan Cimahi adalah, Subsektor 21-13 Cimahi Selatan, Subsektor 21-14 Cimahi Utara, Subsektor 21-12 Soreang-Kutawaringin, Subsektor 21-11 Desa Lagadar, dan Subsektor 21-10 Desa Nanjung.

“Kegiatan Karya Bakti yang dilakukan Sektor 21 Satgas Citarum, bersama warga dan pihak pabrik sangat efektif, dikarenakan hanya dalam waktu dua jam sudah mampu menyelesaikan pembersihan dan pengangkutan sampah dari aliran sungai Cisangkan, padahal kemarin saat pertama kali melakukan korve bersama warga dan pekerja pabrik, sungai Cisangkan warnanya hitam pekat sekali, namun sekarang sudah terlihat normal,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Kegiatan ini rencananya akan rutin dilakukan Satgas Sektor 21 bersama pihak PT Nisshinbo Indonesia, dan warga sekitar,” ujarnya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, setelah kegiatan membersihkan Sungai Cisangkan, pihaknya berharap dapat mengetuk kesadaran masyarakat agar jangan lagi membuang sampah ke aliran sungai dan menimbun sampah-sampah di pinggir sungai, “Karena bila sampah disimpan di pinggir sungai, apabila hujan, maka sampah akan masuk ke aliran sungai,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Satgas Sektor 21 memiliki 17 Subsektor yang tersebar mulai dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Sumedang, hingga Cicalengka,”Kami akan terus melakukan kegiatan pembersihan sungai bersama warga,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Namun ada kendala di lapangan, yaitu tidak ada bak sampah untuk sampah rumah tangga di tiap Rukun Warga dan Tempat Penampungan Sementara untuk sampah,” ujarnya, “Maka untuk menangani masalah sampah tersebut, Satgas Sektor 21 berinisiatif menyiapkan 30 bak sampah,” tegasnya.

Setelah mengikuti kegiatan Karya Bakti membersihkan sampah di aliran sungai Cisangkan Cimahi, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat menyempatkan diri melakukan wawancara khusus dengan para Jurnalis TVN Polandia untuk menjelaskan tentang program Citarum Harum yang akan berlangsung selama tujuh tahun. (BRH / CUY)

Comments are closed.