Kolonel Yusep Sudrajat Beri Wawasan Program Citarum Harum Pada 99 Mahasiswa Politeknik TEDC

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Kolonel Inf Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 Satgas Citarum berkesempatan memberikan wawasan sekaligus pembekalan tentang program Citarum Harum kepada 99 Mahasiswa dan 30 Dosen Politeknik Technical Education Development Center (TEDC), Sabtu, (17/11/2018), di Kampus Politeknik TEDC jalan Pesantren No.2 Cimahi, turut hadir Direktur Politeknik TEDC Drs, Sueb M.Si, M.Pd.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat merasa perlu memberikan pembekalan tentang Program Citarum Harum dikarenakan 99 Mahasiswa dan Mahasiswi Politeknik TEDC dari 12 program studi akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Citarum Harum di Desa Lagadar Kabupaten Bandung mulai Sabtu, (17/11/2018), dengan didampingi 30 Dosen Politeknik TEDC.

Saat pemaparan, Kolonel Inf Yusep Sudrajat memberikan penjelasan tentang apa itu program Citarum Harum yang akan berlangsung selama 7 tahun, landasan hukum, target dan tujuan, serta menceritakan berbagai permasalahan  yang ada di Sungai Citarum.

Wilayah tugas saya adalah di Sektor 21 dan di dalamnya terdapat 17 Subsektor yang tersebar dari wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, hingga ke Kabupaten Sumedang,” kata Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat di awal paparannya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Yusep Sudrajat menjelaskan kepada Direktur, Mahasiswa dan Dosen Politeknik TEDC tentang rencana program Citarum Harum dan tindakan apa saja yang telah dilakukan Satgas Citarum Sektor 21selama ini, “Kami telah melaksanakan kegiatan rutin harian berupa korve atau kerja bakti di aliran sungai Citarum, melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai dari pencemaran sampah, juga telah memberikan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku industri yang melakukan pencemaran Sungai Citarum, mulai dari peringatan hingga penutupan lubang saluran pembuangan limbahnya,” ungkapnya.

“Saya berharap pembekalan yang saya berikan tentang Program Citarum Harum dapat memberikan sedikit arahan bagi para Mahasiswa dan Mahasiswi Politeknik TEDC dalam menyusun tulisannya, dan dapat membantu tugas Satgas Citarum,” pungkas Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Direktur Politeknik TEDC Drs, Sueb M.Si, M.Pd ditemui sesusai pembekalan mengatakan, Politeknik TEDC sejak awal tahun 2018 telah mulai mengeksplorasi Sungai Citarum, “Akhirnya di pertengahan November 2018 kami terjun ke lapangan dengan melibatkan 99 Mahasiswa dan Mahasiswi, serta 30 Dosen Politeknik TEDC,” ungkapnya.

“Penjelasan dan pembekalan tentang Program Citarum Harum dan berbagai permasalahan Sungai Citarum yang dipaparkan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat kepada kami sangat bermanfaat, terutama karena para Mahasiswa Politeknik TEDC akan melaksanakan KKN Tematik di Desa Lagadar Kabupaten Bandung selama tiga minggu,” pungkas Direktur Politeknik TEDC.

Seperti diketahui, KKN Tematik Citarum dicanangkan oleh Menristekdikti Moh Nasir, dengan kegiatan KKN ini diharapkan para Mahasiswa dapat memberikan kontribusi dan ilmu yang dimiliki untuk percepatan Program Citarum Harum. (BRH / CUY)

Comments are closed.