Dansektor 21 Satgas Citarum Resmikan Kegiatan Gebyar Bak Sampah di Sumedang

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Sumedang.  Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat akhirnya meresmikan penggunaan bak sampah yang dibangun Satgas Sektor 21 Subsektor 15, di kegiatan “Gebyar Bak Sampah”, Minggu, (9/12/2018), di Dusun Buntar RW 03 RT 02, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Minggu.

Kolonel Inf Yusep Sudrajat dalam sambutannya mengatakan, dalam dua minggu terakhir, Sektor 21 Satgas Citarum sedang melaksanakan kegiatan “Gebyar Bak Sampah”, dan akan membangun bak sampah sekitar 40 hingga 50 bak sampah di 17 Subsektor wilayah Sektor 21, “Anggaran untuk kegiatan Gebyar pembuatan bak sampah di wilayah Sektor 21 berasal dari beberapa pihak yang peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, selaku Komandan Sektor 21, pihaknya melihat saat ini tren di masyarakat sudah tidak lagi membuang sampah ke sungai, “Karena kami terus melakukan sosialisasi secara rutin sehingga masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan sungai,” ujarnya.

“Tetapi masih saja ada warga yang bertanya apabila tidak boleh membuang sampah ke sungai harus dibuang kemana?,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Di sinilah letak kendala kita, karena Kabupaten Bandung dan Sumedang di tiap Desa dan RW tidak ada Tempat Pembuangan Sampah (TPS), sehingga warga membuang sampahnya di pinggiran jalan dan lahan kosong,” ujarnya.

“Maka kami dari Sektor 21 mendorong Kepala Daerah yang ada di wilayah Sumedang dan Kabupaten Bandung segera berbuat untuk masyarakat dalam menangani persoalan sampah dan kebersihan lingkungan,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Kami dari pihak TNI tidak memiliki dana untuk itu, tetapi melalui komunikasi dengan rekan-rekan yang peduli  akhirnya kami melakukan Gebyar pembuatan tong sampah,” ungkapnya.

“Saya berharap hal ini menjadi wabah yang positif bagi masyarakat khususnya Pemda untuk berbuat ke arah yang sama,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Jadi apa yang kami lakukan hanya untuk men-trigger agar Pemda lebih peduli pada persoalan sampah di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Kepala Desa Cihanjuang Yuyus Yusuf yang ditemui para awak media mengatakan, dirinya menyambut baik adanya kegiatan pembuatan bak sampah yang berlokasi di RW 03 RT 02 Desa Cihanjuang, “Saya bangga melihat komitmen yang ditunjukkan warga kami,” ungkapnya, “Terus terang saja saya melihat semangat masyarakat dan antusias mereka dalam kegiatan ini, sepertinya warga sudah siap untuk memelihara kebersihan sungai Cimande,” tegasnya.

“Saya menghimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Yuyus Yusuf, “Dengan adanya program yang dimotori oleh Satgas Citarum Harum, membuat masyarakat merasa lebih sadar dan terdorong untuk menjaga kebersihan lingkungan Sungai Citarum,” tegasnya, “Sejak beberapa bulan yang lalu, warga masyarakat dengan swadaya, siap untuk turun ke sungai,” ungkapnya.

Di akhir paparannya Yuyus Yusuf mengatakan, warga Desa Cihanjuang bangga dan berterima kasih dengan adanya program Citarum Harum, “Karena program ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, selain itu jumlah warga yang bersedia turun ke sungai semakin bertambah,” ungkapnya, “Karena bukan saat ini saja warga bisa merasakan manfaatnya, ke depan walaupun sudah tidak ada lagi Satgas, kami tetap akan menjaga kebersihan sungai,” pungkasnya.

Kegiatan Peresmian Gebyar Bak Sampah dihadiri Camat Cimanggung, Kapolsek Cimanggung, Danramil Cimanggung, dan puluhan warga desa Cihanjuang, acara semakin meriah dengan pembagian Doorprize untuk warga yang hadir di acara ini. (BRH / CUY)

Comments are closed.