Grab dan bank bjb Luncurkan Kartu ATM co-branding

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Grab dan bank bjb akhirnya menjalin kerja sama dengan meluncurkan kartu ATM co-branding dan program pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem cicilan untuk pengemudi online yang pertama di Indonesia, Senin, (17/12/2018), di Aula Lantai 9 Kantor Pusat bank bjb jalan Braga Bandung.

Kerjasama Grab dan bank bjb yang sejalan dengan agenda pemerintah untuk meningkatkan literasi inklusi keuangan di tanah air ini berupaya mendorong mitra pengemudi Grab taat pajak dengan integrasi dalam program inovatif berupa cicilan pajak kendaraan bermotor ‘T-Samsat’ serta notifikasi jatuh tempo melalui ponsel, serta memudahkan mitra pengemudi Grab di Jawa Barat untuk mengakses layanan perbankan.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), dan penyerahan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) co-branding pertama Grab dan bank bjb untuk para mitra pengemudi Grab oleh Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan Direktur Konsumer dan Ritel PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Suartini.

Melalui kerja sama ini para mitra pengemudi Grab akan mendapatkan manfaat berupa akses terhadap layanan perbankan bank bjb serta kartu ATM co-branding Grab dan bank bjb dengan desain khusus untuk mitra pengemudi, yang juga berfungsi sebagai kartu identitas mitra pengemudi, kartu ATM ini dapat digunakan sebagai kartu diskon di berbagai merchant seperti bengkel, dealer resmi, gerai pakaian, dan restoran.

Selain itu mitra pengemudi dapat berpartisipasi dalam program T-Samsat yang merupakan solusi pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan fasilitas cicilan selama setahun yang pertama kali diperkenalkan oleh bank bjb untuk mitra pengemudi online.

Pembayaran tersebut kemudian akan didebit secara otomatis dari rekening nasabah bank bjb dan informasi terkait status pembayaran tersedia melalui ponsel, program T-Samsat diharapkan dapat mendorong mitra pengemudi untuk taat pajak dan meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Jawa Barat.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kemitraan bersama bank bjb menegaskan kepedulian Grab Indonesia terhadap kesejahteraan mitra pengemudi, “Kolaborasi ini memungkinkan mitra pengemudi untuk memanfaatkan layanan T-Samsat yang dipelopori bank bjb untuk membayar pajak kendaraan bermotor dengan sistem cicilan dan mendapat informasi dan notifikasi pembayaran pajak dari ponsel,” ungkapnya, “Hal ini diharapkan dapat meringankan beban finansial mitra pengemudi dan mendukung mereka untuk lebih taat pajak,” tegasnya.

Lebih lanjut Ridzki Kramadibrata mengatakan, mitra pengemudi di Jawa Barat dapat menikmati kemudahan untuk mengakses layanan perbankan dengan lebih mudah ditambah berbagai keuntungan tambahan yang dihadirkan melalui peluncuran kartu ATM yang didesain khusus untuk para mitra pengemudi, “Setiap hari Grab Indonesia terus berinovasi untuk mendekatkan pelanggan dan mitra pengemudi kami dengan berbagai hal yang berarti bagi mereka,” pungkasnya.

Direktur Konsumer dan Ritel PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Suartini mengatakan, bank bjb hadir untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan, khususnya bagi para mitra Grab di Jawa Barat, “Kerja sama ini sejalan dengan program pemerintah mengenai literasi dan inklusi keuangan di masyarakat melalui program Rekening bank bjb-Grab Indonesia,” ungkapnya.

Seperti diketahui, program eksklusif ini akan memberikan kemudahan bagi mitra pengemudi Grab dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang bisa dicicil (T-Samsat), “Mitra pengemudi Grab tidak perlu khawatir lupa membayar pajak, karena bank bjb memberikan berbagai fitur yang memudahkan mereka sebagai nasabah bank bjb,” pungkasnya.

Berbagai fitur ekstra rekening bank bjb dan Grab antara lain, gratis setoran awal, gratis tarik tunai di berbagai jaringan ATM bank bjb, gratis biaya purchase/belanja di mesin EDC, kartu ATM berupa identitas/kartu anggota co-branding bank bjb dan Grab, diskon merchant yang biasa digunakan oleh Mitra Grab, serta diikutsertakan dalam undian program khusus bank bjb dan Grab.

Tambahan fitur lainnya yang diberikan bank bjb yaitu, fitur pembayaran klaim dan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), fitur pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan fitur pembayaran Pajak Bumi & Bangunan (PBB).

Hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 menunjukkan, hanya 29,7% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan yang memadai mengenai produk dan layanan keuangan (Well Literate), dan 67,8% masyarakat Indonesia yang telah menggunakan produk dan layanan keuangan.

Maka kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah seperti yang dilakukan Grab dan bank bjb diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dengan memudahkan masyarakat kelas menengah untuk mengakses layanan sektor perbankan setiap harinya. (BRH / RLS)

Comments are closed.