Jurnalis Peliput Citarum Apresiasi Kinerja Kolonel Inf Yusep Sudrajat Lewat Lukisan

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat di akhir tahun 2018 mendapat apresiasi dari para jurnalis yang biasa meliput program Citarum Harum berupa sebuah lukisan yang menampilkan sosok Kolonel Inf Yusep Sudrajat, dan piala berbentuk prajurit TNI yang sedang berlari sambil membawa obor karya Harry Susanto Studio Bandung, penyerahan lukisan berlangsung, Senin, (31/12/2018), di Kantor Pusat Koperasi Kartika Siliwangi jalan Gudang Selatan Bandung.

Salah satu Jurnalis peliput program Citarum Harum Elly Elida mengatakan, penghargaan kepada Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat telah dipersiapkan seminggu sebelumnya, namun acara penyerahannya dilakukan secara mendadak, “Kami para Jurnalis tidak memberitahukan sebelumnya kepada Dansektor 21 untuk penyerahan apresiasi ini,” ungkapnya.

“Sektor 21 merupakan salah satu sektor yang memiliki wilayah tugas yang unik, terbentang mulai dari Kabupaten Sumedang, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung,” ungkap Elly Elida, “Sektor 21 mempunyai karakteristik berbeda yaitu mengurusi anak, cucu, cicit sungai Citarum, dan tentu saja berkontribusi besar terhadap kualitas air di Sungai Citarum,” tegasnya.

“Kita sering meliput kegiatan Sektor 21 karena hampir selalu mendapatkan informasi yang update terkait dengan penanggulangan persoalan DAS Citarum yang bersinggungan dengan pelaku usaha dan pemukiman,” ungkap Elly Elida, “Seperti tindakan melokalisir lubang pembuangan limbah, dan pembuatan bak sampah,” pungkasnya.

Langkah yang dianggap fenomenal untuk mewujudkan ekosistem Citarum Harum sesuai Perpres No.15 tahun 2018 di Sektor 21 yang aliran sungainya dilintasi ratusan industri adalah mensyaratkan limbah akhir hasil olahan pabrik berwarna bening dan ada ikan mas atau koi hidup di bak kontrol outlet IPAL di ujung pembuangan sebelum dialirkan ke sungai.

Bahkan Dansektor 21 tidak segan-segan menerapkan sanksi sosial kepada pabrik yang membuang limbah dalam kondisi kotor ke aliran sungai Citarum, alhasil beberapa anak sungai Citarum kini kondisinya sudah banyak kemajuan dan hamper tidak ada lagi sungai yang berwarna warni.

Atas pemberian apresiasi dari para Jurnalis peliput Citarum, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat sempat tampak terkejut, dan mengucapkan terimakasih, “Terimakasih kepada rekan-rekan jurnalis, kejutan ini merupakan penyemangat bagi saya dan anggota untuk berbuat lebih keras lagi untuk Program Citarum Harum,” ujarnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota TNI Satgas Citarum Sektor 21 yang selalu siap 24 jam mengawal program Citarum Harum, dan tidak lupa terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah ikut berperan aktif menjaga sungai Citarum,” pungkasnya. (BRH / ST)

Comments are closed.