Kapendam III/Siliwangi Beri Pernyataan Terkait Bencana Longsor di Sukabumi

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi, Kolonel Arh Hasto Respatyo, Senin malam,(31/12/2018), di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) III/Siliwangi jalan Aceh Bandung berkesempatan memberikan pernyataan terkait bencana longsor di Kampung Cigarehong Dusun Cimapag Desa Sinaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.

“Perlu disampaikan, kami baru mendapat informasi dari Kodim Kabupaten Sukabumi bahwa telah terjadi bencana tanah longsor di Cisolok Sukabumi pada 31 Desember 2018 pukul 17.30 WIB,” kata Kapendam III/Siliwangi.

“Hingga saat ini unsur dari BPBD Kabupaten Sukabumi dibantu dengan Kodim 0622 telah berada di lokasi bencana, selanjutnya akan berkoordinasi dengan Basarda Kabupaten Sukabumi, Polsek Cisolok dan warga masyarakat sekitarnya,” kata Kapendam III/Siliwangi, “Jajaran Kodim 0622 sudah berada di lokasi untuk membantu evakuasi korban,” tegasnya.

Lebih lanjut Kapendam III/Siliwangi mengatakan, Kodam III/Siliwangi siap mem-back up apabila dibutuhkan,  “Kodim setempat tentunya dapat menilai apakah bencana tanah longsor di Sukabumi ini dapat ditangani oleh Kodim sendiri,” ungkapnya, “Namun jajaran Kodam III/Siliwangi siap untuk digerakan apabila diperlukan,” tegasnya.

“Kami mendapat laporan unsur-unsur di tingkat Kodim, Koramil maupun Babinsa setempat sudah memonitor dan melakukan langkah-langkah untuk membantu evakuasi dan identifikasi potensi bencana,” ungkap Kapendam III/Siliwangi, “Danrem Surya Kancana secepatnya akan meninjau langsung ke lokasi bencana tanah longsor,” ujarnya.

Mengenai kerusakan dan korban jiwa di Cisolok Sukabumi, Kapendam III/Siliwangi mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dan pendataan, “Laporan dan setiap perkembangan akan selalu kita informasikan kepada teman-teman wartawan,” pungkasnya. (BRH / ST)

Comments are closed.