Dansektor 21 Satgas Citarum Sidak PT Anugrah Sinar Abadi Textile (Asatex)

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat di akhir Januari 2019 melakukan Sidak ke PT Anugrah Sinar Abadi Textile (Asatex), Kamis, (31/1/2019), di jalan Industri kota Cimahi.

Kolonel Inf Yusep Sudrajat saat tiba di PT Asatex diterima secara langsung oleh Direktur PT Asatex Aswin Wiryawan dan Manajemen PT Asatex Usman Hidayat.

Setelah berbincang sejenak, Kolonel Inf Yusep Sudrajat langsung meninjau stok PT Asatex dan melihat proses produksi perusahaan yang bergerak di bidang pencelupan.

Seusai berkeliling, Kolonel Inf Yusep Sudrajat melihat area IPAL mulai dari inlet hingga ke outlet, dan di sana tampak bak kontrol indikator yang berisi ikan koi hidup, dan hasil akhir olahan limbahnya pun terlihat sudah bening.

Saat diwawancara, Kolonel Inf Yusep Sudrajat menegaskan, pihaknya tidak akan pernah berhenti untuk mengecek semua perusahaan yang berpotensi membuang limbah ke aliran sungai termasuk PT Asatex.

“Kita mendapat tugas sesuai dengan amanat dari Perpres No.15 Tahun 2018 untuk mengembalikan ekosistem DAS Citarum,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Kita lihat sama-sama kondisi hasil olahan limbah PT Asatex sudah bening dan terdapat ikan koi hidup di outlet,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Seperti diketahui, TNI diperintahkan untuk merevitalisasi DAS Citarum yang ekosistemnya sudah rusak agar dikembalikan menjadi sungai yang bisa dimanfaatkan lagi dengan lebih baik oleh berjuta-juta masyarakat Jawa Barat dan DKI Jakarta,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Saat ini Sungai Citarum mulai menampakan kemajuan dalam waktu 10 bulan terakhir,” tegas Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Kita lihat hampir semua perusahaan yang membuang limbah di Sektor 21 terutama di ┬áCimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, semuanya sudah mulai membenahi dan memperbaiki IPAL-nya,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Bahkan para pemilik pabrik mau mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menunjang program Citarum Harum,” pungkasnya.

Manajemen PT Asatex Usman Hidayat mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Citarum Harum, “Kami berkomitmen untuk menjalankan IPAL secara maksimal dan melakukan pembuangan limbah yang telah jernih dengan cara merenovasi semua IPAL dari mulai peralatannya hingga mesin,” ujarnya.

“Memang semua itu membutuhkan dan memakan biaya yang cukup besar,” ungkap Usman Hidayat, “Namun semua kami lakukan untuk mendukung program Citarum Harum,” pungkas Usman Hidayat. (BRH / ST)

Comments are closed.