Dansektor 21 Satgas Citarum bersama Masyarakat Cimanggung Tanam 500 Pohon Keras

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Sumedang. Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., bersama Satgas Citarum sektor 21, masyarakat, dan ratusan Siswa-Siswi dari MTs. Yasta Bunter dan SMAN Cimanggung, melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di sepanjang sungai Cimande, dan penanaman 500 batang pohon keras bertajuk, “Amatil Get in Action”, Kamis, (2/5/2019), di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Sebelum kegiatan dimulai, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat di halaman MTs. Yasta Bunter Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang mengatakan, pihaknya sudah sering ke Cimanggung untuk melakukan sidak ke pabrik-pabrik yang mengeluarkan limbah kotor, “Namun pabrik-pabrik tersebut sudah mulai baik, dan kini saya mulai bertemu masyarakat untuk mengingatkan masalah kebersihan,” ujarnya.

Lebih lanjut Kolonel Inf Yusep Sudrajat di hadapan ratusan Siswa Siswa-Siswi dari MTs. Yasta Bunter dan SMAN Cimanggung, mengatakan, Satgas Citarum sudah di-Pepres-kan oleh Presiden Jokowi pada 2 Maret 2018, dan sudah bergerak di wilayah Jawa Barat.

“Tugas Satgas Citarum yang terdiri dari 23 Sektor adalah mengembalikan ekosistem DAS Citarum, mulai dari Hulu di Cisanti hingga Karawang,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Seperti diketahui, di daerah Cimanggung ada dua titik yang mengalami banjir, ditambah lagi sungai penuh dengan sampah, maka hari ini mari kita dengan gembira mengambil sampah-sampah yang bertebaran di lingkungan sekitar, dan dilanjutkan menanam pohon,” kata ┬áKolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Nanti pohon tersebut jangan hanya ditanam, tapi dipelihara, lalu pohon tersebut diberi nama masing-masing siswa, dan saya berharap Guru dan Kepala Sekolah setiap hari Jumat mengecek 500 pohon keras yang ditanam siswanya di pinggir sungai Cimande,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Ketiba tiba di lokasi di pinggiran sungai Cimande, kepada para awak Media Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, Satgas Citarum Sektor 21 melaksanakan pembersihan sampah dan penanaman pohon di Desa Cimanggung Kabupaten Sumedang.

“Di Desa Cimanggung ada beberapa titik banjir yang mengakibatkan penumpukan sampah, maka kita akan menanam pohon jenis besar untuk menahan air sungai,” ungkap Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Dengan kegiatan ini, semoga masyarakat lebih sadar dan tidak membuang sampah sembarangan, serta belajar menanam pohon, dan tidak hanya menebang pohon saja, hal ini dilakukan agar tidak ada bencana banjir di kemudian hari,” tegas Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

“Saya harap penanaman pohon ini tidak hanya seremonial dan Lips Service saja, namun saya berterima kasih kepada perusahan yang memberikan 500 pohon keras yang disemai dari sejak biji,” kata Kolonel Inf Yusep Sudrajat, “Bila ada tempat yang memungkinkan, kita akan kembali melakukan penanaman pohon,” ujarnya.

Di akhir wawancara, Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, terdapat 17 perusahaan di wilayah Desa Cimanggung yang diundang dalam kegiatan penanaman pohon, “Ke depannya semoga perusahaan lain ikut berbuat untuk masyarakat sekitar,” pungkasnya. (BRH)

Comments are closed.