Berkat Dansektor 21, Warga Izinkan PT Gucci Ratu Textile Bangun IPAL

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat memiliki andil besar saat Warga RW 27 RT 09 Kelurahan Cibeureum Cimahi Selatan akhirnya akhirnya memberikan izin kepada Pemilik PT Gucci Ratu Textile yang rencananya akan membangun instalasi tambahan pengolahan limbah di lahan pabrik dekat pemukiman warga.

Izin diberikan melalui penandatanganan kesepakatan antara Warga dengan pihak PT Gucci Ratu Textile dan disaksikan Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat, Selasa, (21/5/2019), di Kantor PT Gucci Ratu Textile jalan Cibaligo No.157 Cibeureum Cimahi Selatan kota Cimahi.

Hal ini ditempuh pihak PT Gucci Ratu Textile karena berencana menambah tangki pengolahan limbah setinggi 12 meter dan lebar 16 meter yang berdekatan dengan pemukiman warga.

Atas rencana tersebut jelas dibutuhkan izin dari warga sekitar, melalui mediasi yang diinisiasi Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat, secara intens pihak PT Gucci Ratu Textile dan Warga melakukan diskusi dan pertemuan sebanyak tiga kali Dari hasil pertemuan sebelumnya Warga menyodorkan 14 tuntutan kepada pihak PT Gucci Ratu Textile atas rencana pengembangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), maka dari 14 tuntutan keinginan Warga, akhirnya sebanyak 13 tuntutan akan dipenuhi dan disetujui pihak PT Gucci Ratu Textile.

Atas dasar hasil pertemuan terakhir, akhirnya perwakilan Warga memberikan izin pembangunan IPAL dan menerima kompensasi yang dijanjikan perusahaan, selain memenuhi 13 tuntutan warga, Erik selaku Pemilik PT Gucci Ratu Textile memberikan tambahan kompensasi terhadap aspek lingkungan dengan membangun insenerator (alat pembakaran sampah) untuk Warga dan membangun WC komunal.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat ketika diwawancara para awak Media mengatakan, pertemuan kali ini lebih kepada keputusan kesepakatan dari pihak warga, karena di pertemuan sebelumnya sebanyak 13 dari 14 tuntutan Warga disanggupi pihak PT Gucci Ratu Textile, “Pertemuan ini diharapkan lebih kepada keputusan Warga berdasarkan kesepakatan, dan dipastikan sudah tidak ada perdebatan lagi,” tegasnya.

“Dengan adanya izin yang diberikan oleh Warga, maka pihak PT Gucci Ratu Textile dapat segera melaksanakan pembangunan pengembangan instalasi limbahnya, sehingga pihak perusahaan dapat mengolah limbah secara maksimal, hal itu sebagai bentuk dukungan pihak PT Gucci Ratu Textile terhadap program Citarum Harum,” pungkas Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat.

Beberapa tuntutan warga yang akan dipenuhi pihak PT Gucci Ratu Textile antara lain masalah ketenagakerjaan yang menginginkan pihak pabrik memprioritaskan tenaga kerja dari RT 09, RW 13, 15, 16, 26, 27,dan  29, tuntutan pemberian air bersih, kompensasi dari pihak pabrik untuk warga RT 09 dan RW 27, pembangunan pos kamling di lahan pabrik, dan akses jalan masuk bagi warga. (BRH / CUY)

Comments are closed.