Dansektor 21 Kembali Sidak PT Nisshinbo di Cimahi

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat Selasa, (9/7/2019), kembali menggalakkan sidak ke pabrik-pabrik tekstil yang ada di wilayah Cimahi, salah satu pabrik yang disidak adalah PT Nisshinbo Indonesia yang berlokasi di jalan Raya Nanjung Cimahi.

Sidak Dansektor 21 ke pabrik di wilayah Cimahi dikarenakan berdasarkan laporan masyarakat disinyalir masih ada pabrik di Cimahi yang membuang limbah kotor ke sungai.

Saat diwawancara para awak Media, Dansektor 21 Kol. Inf Yusep Sudrajat mengungkapkan, di hari yang sama LH Pusat juga melakukan sidak ke pabrik Ginatex dan Benang Warna.

“Parameter Sektor 21 masih tetap yaitu, hasil akhir olahan limbah pabrik yang dibuang ke sungai harus jernih seperti air mineral, tidak berwarna dan berbau, di outlet akhir harus ada ikan koi hidup,” tegas Dansektor 21.

“Kedatangan saya mengecek ulang IPAL PT Nisshinbo adalah untuk men-trigger pabrik-pabrik lain yang ada di Cimahi agar tidak membuang limbah kotor ke sungai, dan mempercepat proses pengembalian ekosistem DAS Citarum,” ungkap Dansektor 21.

“Saya akan gencar mengecek pabrik-pabrik penghasil limbah, dan saya tegaskan agar pabrik lain termasuk Nisshinbo jangan sampai petugas IPAL-nya ketiduran, dan obat yang dimasukkan untuk mengolah limbah dikurangi,” pungkas Dansektor 21.

General Manajer PT Nisshinbo Indonesia Christin mengatakan, setelah pabriknya sering disidak dan dibina oleh Dansektor 21 dan Satgas Citarum Harum Sektor 21, maka PT Nisshinbo Indonesia semakin hari semakin baik dalam mengelola limbahnya.

“Memang hari Sabtu, (6/7/2019), ada sedikit masalah dengan pengelolaan limbah kami, namun tidak masalah karena langsung dengan cepat kami atasi, dan saat ini limbah kami sudah konsisten sesuai arahan Dansektor 21,” ungkap Christin.

“PT Nisshinbo Indonesia akan tetap komitmen mengeluarkan limbah sesuai parameter dan arahan dari Dansektor 21, serta sesuai baku mutu dari LH,” tegas Christin,” “Kami akan terus menjaga komitmen ini,” pungkasnya.

Seusai melakukan sidak ke PT Nisshinbo Indonesia, Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat langsung menuju Balai Desa Sukapura di Bojongsoang Bandung untuk melakukan sosialisasi program Citarum Harum kepada warga di sana, dan menghadiri penyerahan Septic Tank Gantung dan Composting Toilet buatan Fakultas Rekayasa Industri Telkom University kepada warga yang tinggal di sekitar Telkom University. (BRH)

Comments are closed.