Dansektor 21 Berharap KKN UPI Percepat Target Program Citarum Harum

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung. Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat berharap KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru yang diadakan di wilayah Sektor 21 (Subsektor 21-17 Solokanjeruk dan Subsektor 21-9 Ciparay) dapat mempercepat target penyelesaian program Citarum Harum.

Hal ini disampaikan Kol. Inf Yusep Sudrajat, Senin (15/7/2019), di Kantor Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung saat menerima 302 Mahasiswa UPI Kampus Cibiru sebagai peserta KKN Tematik Citarum Harum di wilayah Kabupaten Bandung selama 40 hari.

Seperti diketahui, KKN Tematik 302 Mahasiswa-Mahasiswi UPI Cibiru akan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Sektor 5 dibawah pengawasan Dansektor 5 Kol. Inf. Sumarno dan Sektor 21 di bawah pengawasan Dansektor 21 Kol. Inf Yusep Sudrajat.

“Dengan keterlibatan Mahasiswa melalui kegiatan KKN Tematik Citarum Harum didukung disiplin ilmu yang dimilikinya, diharapkan dapat memberikan sumbangsih pada percepatan pengendalian pencemaran DAS Citarum,” kata Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat di awal sambutannya.

“Saya berharap dengan keterlibatan akademisi melalui KKN Tematik dapat mempercepat target penyelesaian Program Citarum Harum,” kata Kol. Inf Yusep Sudrajat.

“Target program Citarum Harum adalah 7 tahun, maka siapa tahu dengan diterjunkannya Mahasiswa UPI program ini bisa selesai kurang dari waktu yang ditargetkan,” pungkas Kol. Inf Yusep Sudrajat.

Direktur UPI Kampus Cibiru Dr. Asep Herry Hernawan, M.Pd., dihadapan para awak Media mengatakan, kegiatan KKN Tematik Citarum Harum merupakan bentuk Dharma Bhakti dari Mahasiswa-Mahasiswi UPI Kampus Cibiru, “Selama 40 hari ke depan dimulai 15 Juli 2019, Mahasiswa akan dibagi beberapa kelompok untuk melakukan penyuluhan di lingkungan sekolah dan masyarakat,” ungkapnya.

“Keterlibatan mahasiswa melalui KKN Tematik diharapkan dapat membantu menyukseskan Program Citarum Harum, dan membantu merubah pola pikir masyarakat terhadap lingkungan,” kata Asep Herry Hernawan.

“Selain melakukan penyuluhan, Mahasiswa juga akan melakukan kegiatan bersama masyarakat melalui pelatihan-pelatihan dan program yang dibawa tiap kelompok, serta melaksanakan program kolaborasi bersama Satgas Sektor Citarum,” kata Asep Herry Hernawan.

“Kolaborasinya dapat melalui kerja dengan masyarakat, melaksanakan pelatihan-pelatihan bagaimana cara memanfaatkan sampah, atau menempatkan sampah pada tempatnya,” pungkas Asep Herry Hernawan.

Menariknya selama 40 hari ke depan, 302 Mahasiswa-Mahasiswi UPI Kampus Cibiru akan tinggal di rumah-rumah penduduk di wilayah Solokan Jeruk Kabupaten Bandung dan wilayah sekitarnya, selain itu biaya hidup selama 40 hari ditanggung Mahasiswa itu sendiri. (BRH / CUY)

Comments are closed.