Samsung OneWeek Program 2019 Diluncurkan di Kota Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Samsung OneWeek Program 2019 di Kota Bandung untuk membina 84 perempuan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar dapat meningkatkan produktivitasnya dengan bantuan teknologi digital.

Samsung OneWeek Program berlangsung selama lima hari, (15-19/7/2019), di Universitas Pendidikan Indonesia (UPl) jalan Setiabudi Bandung.

Untuk menjelaskan Samsung OneWeek Program, Samsung Electronics menggelar Media Session, Kamis, (18/7/2019), di Fakultas Ekonomi dan Budaya UPI.

Hadir saat Media Session Samsung OneWeek Program, Vice President Samsung Electronics Indonesia Kanghyun Lee, EVP Team Leader Samsung Electronics Min Yong Hwang, Corporate Citizenship Samsung Electronics HeeKyung Lee, dan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si.

“Samsung OneWeek Program digelar di Indonesia khusuanya di kota Bandung untuk membantu perempuan para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi serta perangkat yang mereka miliki,” kata Vice President Samsung Electronics Indonesia Kanghyun Lee di awal paparannya.

Lebih lanjut Kanghyun Lee mengatakan, Samsung Electronics Indonesia menargetkan perempuan sebagai peserta Samsung OneWeek Program karena mengapresiasi peran dan usaha mereka dalam mendukung perekonomian keluarganya.

“Samsung OneWeek Program yang di dalamnya terdapat pelatihan terkait teknologi digital ini kami ramu dengan praktis agar setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat segera mengimplementasikan ilmunya pada kegiatan usaha mereka dan membantu agar lebih percaya diri mengeksplorasi cara-cara baru untuk mengembangkan usaha mereka,” kata Kanghyun Lee.

Samsung OneWeek Program merupakan bagian dari program tahunan Employee Volunteer Program (EVP) di mana Samsung memberikan kesempatan kepada seluruh karyawannya untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial baik di negaranya maupun negara lain dengan berbagi pengetahuan dan keahlian untuk membantu masyarakat dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area.

Tahun 2019 Indonesia kembali terpilih menjadi salah satu penerima manfaat Samsung OneWeek Program diantara negara lain seperti Kamboja, Kazakhstan, Thailand, Nepal, dan Hungaria.

Tahun 2019 merupakan tahun keempat aksi EVP dari Samsung Electronics dilakukan di Indonesia.

Tahun 2018 lalu EVP diadakan di Yogyakarta untuk memberikan pelatihan kepada beberapa usaha rintisan (Start-Up), dan dua tahun berturut-turut sebelumnya kegiatan EVP difokuskan dalam bidang pendidikan untuk memperbaiki sekolah dan membangun ruang kelas IT  beserta perangkat pendukungnya.

Sejak diluncurkan tahun 2010, sudah lebih dari 1.500 karyawan Samsung yang berpartisipasi dan mengunjungi 43 negara termasuk Indonesia.

EVP Team Leader Samsung Electronics Min Yong Hwang mengatakan, Employee Volunteer Program (EVP) adalah sebuah bentuk tanggung jawab Samsung terhadap para pemangku kepentingan dan salah satu cara untuk menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan perusahaan.

“Keberadaan Samsung di banyak negara yang memiliki beragam kondisi sosial dan ekonomi membuat kami memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih,” kata Min Yong Hwang.

“Kami berharap materi yang telah dipersiapkan para mentor selama tiga bulan dan pelatihan yang diberikan dapat membuat para perempuan pelaku UMKM peserta Samsung OneWeek Program mengembangkan usahanya dan kesejahteraan hidup mereka dan keluarganya lebih baik,” pungkas Min Yong Hwang.

Samsung OneWeek Program di Indonesia melibatkan 38 sukarelawan yang datang langsung dari Korea yang terdiri dari 29  karyawan Samsung Electronics Co. Ltd, 6 orang Mahasiswa Korea, 1 orang Paramedik dari Samsung Hospital, 2 orang NGO Partner dari Better World Korea, Samsung OneWeek Program juga diikuti 15 relawan Mahasiswa UPI jurusan Bahasa Korea yang ikut membantu sebagai penterjemah.

Di dalam pelatihan, para peserta Samsung OneWeek Program mendapatkan materi mengenai dasar-dasar pemasaran, bagaimana memanfaatkan Smartphone, Internet, dan Media Sosial untuk mendukung pemasaran produk mereka.

Pelatihan juga memberikan sesi khusus untuk fotografi menggunakan ponsel mulai dari teknik pengambilan gambar yang baik dan memanfaatkan pencahayaan di rumah, pelatihan ini dilakukan untuk membuat produk mereka terlihat menarik ketika dipromosikan.

Kepedulian Samsung akan peningkatan kualitas UMKM melalui teknologi digital, sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.