Satgas Citarum Sektor 21 Cek IPAL PT How Are You

ARCOM.CO.ID , Cimahi. Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi, Jumat, (2/8/2019), atas sepengetahuan Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat melaksanakan kegiatan mengecek IPAL PT How Are You yang berlokasi di jalan Nanjung Cimahi.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan PT How Are You yang merupakan perusahaan produk tekstil konsisten melakukan pengolahan limbah sesuai dengan komitmen yang pernah dibuat di hadapan Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat.

Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi dalam kegiatan ini mengecek secara seksama proses olahan limbah PT How Are You hingga ke outlet, pada bak kontrol outlet perusahaan ini, terlihat ikan mas hidup, serta air hasil olahan limbah tampak jernih.

Namun pada pengecekan tersebut, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi meminta agar jumlah ikan mas yang berada di bak indikator jumlahnya ditambah untuk memudahkan pengecekan.

Dansubsektor 21-13 Serda Ahmad mewakili Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat mengatakan, setelah PT How Are You dicek hasil pengolahan limbahnya, ternyata kondisinya baik, air jernih, ikan juga hidup, “Maka air olahan limbah yang dibuang PT How Are You ke sungai aman bagi ekosistem,” ungkapnya.

“Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 sesuai arahan Danasektor 21 akan selalu mengecek perusahaan untuk memastikan tidak ada lagi yang kucing-kucingan membuang limbah ke sungai,” kata Serda Ahmad.

“Apabila kami menemukan ada industri yang membuang olahan limbahnya dalam kondisi yang tidak optimal ke aliran sungai, maka kami akan langsung bertindak melokalisir lubang pembuangan limbah industri tersebut agar tidak mencemari lingkungan sungai,” pungkas Serda Ahmad.

Manajemen PT How Are You yang bernama Triwahyudi mengatakan, pihaknya akan terus berusaha mengikuti arahan dan bekerjasama dengan Satgas Citarum untuk menjaga kualitas air olahan limbah agar tetap bagus dan bening yang pada akhirnya ekosistem terjaga.

“Hingga saat ini PT How Are You terus melakukan pembenahan, diantaranya memperluas kapasitas penampungan limbah B3, bak filter, dan bak kimia, “Prinsipnya kami komitmen secara optimal untuk mengolah limbah,” pungkas Triwahyudi.

Seperti diketahui, PT How Are You memiliki kapasitas IPAL sebesar 1.200 meter kubik, dengan pengolahan limbah sebesar 700 meter kubik, dan sebanyak 30 persen sudah di recycle.(BRH / ST)

Comments are closed.