Kol. Inf Yusep Sudrajat Wakili Pangdam III/Siliwangi di Seminar Nasional Kebudayaan

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Staf Ahli Sosial dan Budaya Kodam III/Siliwangi Kol. Inf Yusep Sudrajat mendapat tanggung jawab mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono di acara Seminar Nasional bertajuk, “Pemajuan Kebudayaan di Tengah Peradaban Dunia”, Kamis, (15/8/2019), di Ballroom Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta Bandung.

Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono saat pemaparan mengatakan, kelestarian alam dan lingkungan menjadi pondasi dalam mengembangkan potensi nilai budaya dan berdaya saing terhadap peradaban dunia.

“Jika alam tidak dijaga, maka budaya tidak akan dapat berkembang,” kata Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi mengatakan, untuk wilayah Jawa Barat, terdapat sungai Citarum yang sejak Kerajaan Pasundan dijadikan sebagai peradaban dan mampu menghidupi masyarakat saat itu, “Namun berjalannya waktu, kondisi sungai Citarum saat ini sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

“Sungai Citarum sudah menjadi peradaban yang terlupakan karena berbagai faktor perilaku membudaya yang merusak kelestarian lingkungan Sungai Citarum, seperti membuang sampah sembarangan, membuang kotoran manusia dan hewan, mendirikan bangunan liar di bantaran, dan pembalakan liar lahan,” tegas Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi.

“Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan merugikan di segala aspek kehidupan, mulai dari kerugian ekonomi, kesehatan, dan lemahnya sumber daya manusia di masa mendatang,” kata Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2018, telah diterbitkan Perpres No 15 Tahun 2018 dalam upaya pengendalian pencemaran DAS Citarum.

Maka dengan terbitnya Perpres No 15 Tahun 2018, Kodam III/Siliwangi dibagi menjadi 23 Sektor yang tersebar dari hulu hingga hilir sungai Citarum, dan ditugaskan mengembalikan ekosistem DAS Citarum.

Dalam Seminar Nasional Kebudayaan, Kolonel Inf.Yusep Sudrajat yang juga menjabat sebagai Dansektor 21 Citarum, mengajak semua unsur masyarakat merubah perilaku budaya dalam memperlakukan lingkungan demi kelestarian alam.

“Jika kelestarian alam sudah kembali lestari, maka akan membawa peradaban Jawa Barat secara khusus, dan Indonesia secara umum ke arah yang lebih baik,” pungkas Kol. Inf Yusep Sudrajat mewakili Pangdam III/Siliwangi.

Seminar Nasional bertajuk, “Pemajuan Kebudayaan di Tengah Peradaban Dunia” turut dihadiri Gubernur Lemhanas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid. (BRH / CUY)

Comments are closed.