Mancing Mania Digelar di Sungai Citarik Dalam Rangka HUT RI ke-74

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Sumedang. Jurnalis Peduli Citarum (JPC), Jurnalis Bela Negara (JBN), dan Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15 dalam rangka HUT RI ke-74 menggelar kegiatan Mancing Mania di Sungai Citarik, Dusun Manabaya, Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan Mancing Mania dibuka pukul 08.30 WIB, dan dihadiri oleh Camat Cimanggung Herry Harjadinata, Kapolsek Cimanggung Kompol Kuswanto, Danramil Cimanggung Kapten Arh Rusnendi, serta Dansub 21-15/Sumedang Serka Eri Krisyana.

Danramil Cimanggung Kapten Arh Rusnendi mewakili Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengajak masyarakat yang hadir untuk menjaga sungai Citarum dan anak sungainya “Mari kita jaga bersama dan bersihkan, agar bisa kita manfaatkan seperti dahulu lagi,” ujarnya, “Mari kita jaga kelestarian sungai Citarum yang sangat penting bagi kehidupan kita,” tegasnya.

“Cara mengisi kemerdekaan ┬ásalah satunya adalah dengan menjaga alam, karena menjaga kelestarian alam di sekitar kita adalah bagian dari bela negara,” kata Danramil

“Saya menghimbau kepada masyarakat jangan lagi ada yang membuang air besar di sungai, jika masih ada yang kedapatan, mungkin nanti akan ada sanksi, karena buang air besar dan sampah sembarangan ke sungai dapat menimbulkan penyakit,” kata Danramil, “Bagi masyarakat yang ada di lingkungan sungai ini diharapkan menjaga kelestarian dan kebersihan air,” pungkasnya.

Pembukaan Mancing Mania dilakukan simbolis, ditandai dengan pelepasan ikan mas sebanyak lima kuintal secara bergiliran oleh Danramil, Kapolsek, dan Camat Cimanggung.

Pantauan di lapangan, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan Mancing Mania yang memperebutkan juara satu dan dua kategori jumlah ikan terbanyak dengan batasan waktu tiga jam.

Akhirnya lomba Mancing Mania dimenangkan oleh peserta bernama Mamad dengan raihan 34 ekor ikan, sedangkan juara kedua diraih Dea Doyok dengan 33 ekor ikan.

Seusai kegiatan lomba mancing, acara dilanjutkan dengan acara ngagogo atau menangkap ikan secara langsung ke dalam sungai, kegiatan tersebut diramaikan oleh semua lapisan masyarakat yang hadir termasuk anak-anak.

Usai pelaksanaan mancing mania dan ngagogo, kegiatan semarak menyambut HUT RI ke-74 berlanjut ke lomba-lomba kerakyatan yang sudah menjadi tradisi, seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba membawa kelereng yang dilaksanakan di halaman Posko Subsektor 21-15.

Perwakilan Jurnalis Bela Negara (JBN) Stanley Teguh mengatakan, walaupun kegiatan direncanakan dalam waktu yang relatif singkat, namun kegiatan Mancing Mania dan lomba-lomba kerakyatan berlangsung meriah dan sukses, “Kegiatan ini dapat berlangsung sukses berkat kerja keras Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15, tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuan finansial,” ujarnya, secara tersirat Stanley Teguh mengungkapkan, kegiatan Mancing Mania dan hadiah bagi para pemenang menghabiskan dana sekitar 14 juta rupiah yang diperoleh dari para donatur.

Perwakilan Jurnalis Peduli Citarum (JPC) Elly Elida mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada para donatur yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Mancing Mania, “JPC dan para donatur memang memiliki hubungan yang baik karena mereka sering diliput oleh kami,” ungkapnya.

Pada malam harinya dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, dilanjutkan pertandingan catur dan gapleh, serta nonton bareng film perjuangan berjudul Sudirman. (BRH / ST)

Comments are closed.