UNJANI Gagas Program Pemberdayaan Partisipatif melalui Teater

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. (13/9/2019). Program Secercah Hati (Sehat, Cerdas, Cantik dan Sejahtera Harapan Ibu Pertiwi) merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sehat, berpengetahuan luas dan sejahtera yang dilaksanakan melalui peningkatan peran wanita

Program ini digagas Tim Pengabdian Masyarakat UNJANI yang bermitra dengan UNPAS dan Pemkot Cimahi.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan teater yang bertujuan memberdayakan wanita secara partisipatif.

Ketua Tim Secercah Hati V. Santi Paramita mengatakan, kegiatan ini menstimulus para kader PKK RW 12 Kelurahan Cibeureum Cimahi untuk mampu mengidentifikasi masalah kesehatan dan perekonomian di sekitarnya.

“Mereka kemudian menuangkannya dalam skenario yang mereka buat sendiri dan mementaskannya,” kata V. Santi Paramita.

Kegiatan ini diawali dengan menciptakan pembebasan, Instruktur mengarahkan peserta untuk mampu membebaskan diri dari rutinitas dan beban kesehariannya.

Mereka bebas berekspresi, bergerak, berperilaku, tertawa, berpendapat dan bertukar pikiran tanpa beban dan tanpa rasa malu.

peserta belajar beberapa teknik teater dengan melakukan beberapa peran sederhana.

Tahapan berikutnya peserta diminta untuk mengamati permasalahan bidang kesehatan dan ekonomi yang terjadi di lingkungan sekitar. Mereka berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi terhadap masalah tersebut.

Berdasarkan permasalahan yang telah teridentifikasi, mereka menyusun naskah skenario untuk mereka perankan bersama.

Mereka berlatih teater dan bermain peran sesuai skenario, pada akhirnya mereka akan mementaskannya dengan tujuan memberikan edukasi pada masyarakat terkait masalah kesehatan dan ekonomi.

Ketua PKK RW 12 Kelurahan Cibeureum Cimahi Sri Hartini mengatakan, kegiatan ini mampu membuat ibu-ibu PKK memiliki pola pikir yang berbeda terkait masalah kesehatan dan perekonomian yang mendorong perubahan perilaku.

Di samping itu, setelah mengikuti program teater pemberdayaan partisipatif, ibu-ibu merasa lebih percaya diri dan berani mengekspresikan pemikiran dan pendapat mereka.

Ibu Nurhasanah dan Ibu Heni Andriani selaku pemeran utama mengatakan, kegiatan ini mampu meningkatkan kebersamaan dan kekompakan di antara mereka, karena selalu bertemu setiap minggu untuk berlatih.

Teater ini akan segera pentas dalam acara TNI Manunggal, tangal 2 Oktober 2019 di lapangan RW 12 Kelurahan Ciberurem Cimahi. (BRH / SAN)

Comments are closed.