Ketua KPU RI Temui Rektor ITB Bahas e-Rekap Terkait Pilkada 2020

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Arief Budiman bersama rombongan menemui Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi, Jumat, (11/10/2019), di Gedung Rektorat ITB jalan Taman Sari Bandung, dalam rangka persiapan penggunaan rekapitulasi berbasis elektronik (e-Rekap) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

Seusai pertemuan, Ketua KPU RI Arief Budiman dihadapan para awak media mengatakan, kedatangannya adalah untuk mempersiapkan kerjasama dengan ITB dalam membangun sistem rekapitulasi suara berbasis elektronik atau e-Rekap, “Nantinya e-Rekap akan diterapkan pada Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan Pemilihan Presiden 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief Budiman mengatakan, KPU RI sebelumya telah bekerjasama dengan ITB sejak 2004 dalam proses Pemilu, “Kerjasama dengan ITB untuk Pilkada 2020 merupakan kerjasama jangka pendek, dan jangka panjangnya adalah Pemilihan Presiden 2024,” ungkapnya.

Arief Budiman menegaskan, dengan adanya e-Rekap, tentunya akan mempermudah proses Pemilu yang sebelumnya berjalan rumit, “Metode tersebut dapat memangkas anggaran pelaksanaan Pemilu, dan mempersingkat waktu proses pemilihan sampai penetapan hasil,” ujarnya, “KPU RI menginginkan hasil rekap elektronik nantinya menjadi hasil resmi,” tegasnya.

“KPU RI akan terus mendorong regulasi penggunaan e-Rekap dengan pihak legislatif agar dapat segera ditetapkan, dan regulasi tersebut nantinya tertuang dalam Peraturan KPU,” kata Arief Budiman.

“Sedangkan administrasi dan anggarannya termasuk persiapan membangun sistem akan dilakukan bersama tim dari ITB,” ungkap Arief Budiman.

“KPU RI berharap melalui rekapitulasi berbasis elektronik dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan kecurangan dalam proses penjumlahan hasil suara,”pungkas Arief Budiman.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi dalam pernyataan singkatnya mengatakan, pihak ITB mengapresiasi kedatangan Ketua KPU RI, dan siap bekerjasama dengan KPU RI dalam rangka persiapan penggunaan rekapitulasi berbasis elektronik (e-Rekap) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020. (BRH)

Comments are closed.