Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat Sambut Baik Penanaman 1.500 Bibit Pohon di Desa Lagadar

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung. Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat menyambut baik kegiatan Mahasiswa KKN Tematik Citarum Harum Politeknik TEDC yang melaksanakan Gerakan Penanaman 1.500 bibit pohon Di Desa Lagadar Kabupaten Bandung, Rabu, (13/11/2019).

“Terima kasih atas peran semua pihak yang selama ini mewujudkan lingkungan menjadi lebih baik,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat di hadapan Direktur Politeknik TEDC Cimahi Drs Sueb, M.Si.,M.Pd., Kepala Desa Lagadar Ujang Supandi, Tokoh Masyarakat Desa Lagadar, dan Para Pegiat Lingkungan.

Lebih lanjut Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengatakan, penanaman 1.500 bibit pohon merupakan jumlah yang cukup besar, “Kita semua berharap semua pohon ini nantinya hidup,” ujarnya.

Kolonel Inf. Yusep Sudrajat menambahkan, persoalan Citarum Harum kompleks, bukan hanya limbah, tetapi juga lahan-lahan kritis yang menjadi salah satu sebab setiap musim hujan terjadi banjir, “Di kawasan hulu Sungai Citarum di Cisanti, ternyata kawasan hutan yang tersisa hanya tinggal 8,9 persen, sisanya sudah berubah fungsi menjadi tanaman musiman seperti sayuran dan kentang, sehingga daya resap air menjadi berkurang,” ungkapnya.

“Dengan adanya kegiatan penanaman pohon di Desa Lagadar dapat menunjang ke arah penghijauan,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, “Kita lihat di sekeliling kita sudah banyak lahan yang gundul dan tidak ada pohon keras,” ujarnya, “Mari kita jaga lingkungan dengan baik, apalagi di Desa Lagadar ada situs bernama Sumur Bandung,” ungkapnya.

“Maka harapannya di wilayah Sektor 21 yakni di Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan seluruh bantaran DAS Citarum, semua pihak berlomba-lomba menanam pohon,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat.

Di akhir paparannya Kolonel Inf. Yusep Sudrajat mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa-Mahasiswi Politeknik TEDC yang telah melaksanakan KKN di Desa Lagadar.

Direktur Politeknik TEDC Drs Sueb, M.Si.,M.Pd., mengatakan, program penanaman pohon dilaksanakan karena pihaknya ingin turut melestarikan alam, “Karena jika alam tidak lestari, maka ada resikonya,” ujarnya, “Penanaman pohon ini dilakukan sebagai motivasi agar ada lebih banyak lagi pihak yang melaksanakan penanaman pohon,” ungkapnya, “Penanaman pohon ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (BRH / ST)

Comments are closed.