Dansektor 21 Sambangi Sekolah Al Ma’soem Sosialisasikan Program Citarum Harum

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Sumedang. Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat bersama jajaran Satgas Citarum Harum Subsektor 15-21 kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Citarum Harum, Senin, (18/11/2019), di Sekolah Al Ma’soem jalan Raya Cipacing Cileunyi Kabupaten Sumedang.

Kegiatan Sosialisasi Program Citarum di Sekolah Al Ma’soem dihadiri ratusan siswa-siswi SMP dan SMA yang didampingi Ketua Yayasan Al Ma’soem Ceppy Nasahi Ma’soem, Kepala Sekolah SMP Al Ma’soem Udin Nashruddin, dan Kepala Sekolah SMA Al Ma’soem Deni Purwadi.

Saat Sosialisasi, dihadapi ratusan siswa-siswi SMP dan SMA Al Ma’soem, Dansektor 21 memaparkan tentang program Citarum Harum dan permasalahan yang dihadapi sungai Citarum, hingga dikeluarkannya Perpres No.15 tahun 2018.

“Permasalahan Sungai Citarum adalah sampah, limbah industri, kotoran hewan dan manusia, serta sedimentasi sungai,” kata Dansektor 21, ”Namun masalah utama adalah persoalan sampah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dansektor 21 mengatakan, masalah lainnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana untuk menangani sampah, “Masyarakat sudah terbiasa membuang sampah ke selokan dan aliran sungai, maka pola pikir tersebut coba kita ubah agar sampah bisa dikelola mulai dari rumah untuk dipilah dan dipilih,” ujarnya, “Sampah yang masih bisa dimanfaatkan seperti plastik agar dikelola dengan baik dan tidak dibuang ke sembarang tempat,” pungkas Dansektor 21.

Ketua Yayasan Al Ma’soem Ceppy Nasahi Ma’soem mengungkapkan, pihaknya bersyukur Dansektor 21 berkesempatan memberikan wawasan mengenai program Citarum Harum.

Di akhir acara sosialisasi, Dansektor 21 memberikan pertanyaan seputar Citarum kepada para siswa, dan ternyata para siswa mampu menjawab dengan baik, dan sebagai imbalannya, Dansektor 21 memberikan kadedeuh untuk siswa yang mampu menjawab dengan benar. (BRH)

Comments are closed.