ISBI Bandung Gencar Sosialisasikan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung mengajak para lulusan SMUN, SMKN, SMU Swasta dan SMK Swasta untuk bergabung menjadi Mahasiswa dan Mahasiswi ISBI Bandung lewat jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN, hal ini selaras dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk perguruan Tinggi (LTMPT) mengenai prosedur masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020.

Sosialisasi dan promosi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020 akan dilakukan oleh ISBI Bandung mulai tanggal 16 hingga 20 Desember 2019.

Untuk menjelaskan Sosialisasi dan promosi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020, ISBI Bandung menggelar Press Conference, Senin, (16/12/2019), di Gedung Rektorat ISBI Bandung jalan Buah Batu No. 212 Bandung.

Hadir dalam Press Conference, Rektor ISBI Bandung Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung Dr. Supriatna, S.Sn., M.Sn., Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Hum., Dekan Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sen., dan Pelaksana Pembantu bidang UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ISBI Bandung Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., Ph.D.

“Hari ini Senin pagi 16 Desember 2019 ISBI Bandung menggelar Press Conference Sosialisasi dan promosi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020, dan sore harinya pukul 16.00 WIB ISBI Bandung mengadakan Talkshow Live di Radio PRFM,” kata Rektor ISBI Bandung Een Herdiani di awal paparannya.

“Dilanjutkan Selasa 17 Desember 2019 ISBI Bandung mengadakan Open House dengan tema “Centre of Creativity Based on Transformation” dengan mengundang 220 pelajar SMUN, SMKN, SMU Swasta dan SMK Swasta di Kota Bandung,” kata Rektor ISBI Bandung.

Lebih lanjut Rektor ISBI Bandung menjelaskan, pada acara Open House akan disosialisasikan mengenai cara registrasi web akun LTMPT, tips dan trik proses unggah portfolio dari Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Budaya dan Media, “Acara ini turut dimeriahkan suguhan pertunjukan menarik dari Alumni ASTI-STSI dan ISBI Bandung,” ungkapnya.

“Sosialisasi dan promosi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020 akan dilanjutkan Rabu, 18 Desember 2018 dengan Talkshow Pagi secara Live di Bandung TV lewat program Halo-Halo Bandung pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB,” kata Rektor ISBI Bandung.

Rektor ISBI Bandung menegaskan, ISBI Bandung merasa perlu untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan yang nantinya dilakukan Calon Mahasiswa,”Tahun 2019 merupakan tahun kedua pelaksanaan SNMPTN, karena seperti kita ketahui bersama Lembaga Tes Masuk perguruan Tinggi (LTMPT) dibentuk tahun 2018 akhir,” ungkapnya.

Di akhir paparannya Rektor ISBI Bandung mengatakan, Program Studi yang masuk dalam jalur SNMPTN-SBMPTN di ISBI Bandung yakni, Program Studi Seni Teater, Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Rupa Murni, dan Antropologi Budaya, “Pastinya jangan ragu mendaftar ke ISBI Bandung,” pungkasnya.

Pelaksana Pembantu bidang UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ISBI Bandung Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., Ph.D., menjelaskan, saat ini LTMPT mengeluarkan kebijakan tentang Single Sign On bagi sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN 2020, “Calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun LTMPT bagi sekolah,” ujarnya.

“Jadwal pendaftaran registrasi akun telah dimulai sejak 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020,” kata Indra Ridwan, “Pengisian Data PDSS dan Pemeringkatan oleh Sekolah akan dimulai sejak 13 Januari 2020 hingga 6 Februari 2020,” ungkapnya.

“Sedangkan pendaftaran SNMPTN dimulai sejak 11 Februari 2020 hingga 25 Februari 2020, untuk Pendaftaran UTBK dimulai 30 Maret 2020 hingga 11 April 2020,” kata Indra Ridwan, “Pengumuman Hasil SNMPTN diumumkan pada 4 April 2020,” ujarnya.

“Pelaksanaan UTBK dilaksanakan 20 hingga 26 April 2020, Pengumuman Hasil UTBK 12 Mei 2020, Pendaftaran SBMPTN 2 hingga 13 Juni 2020, dan Pengumuman Hasil SBMPTN pada 30 Juni 2020,” kata Indra Ridwan.

“Bagi yang mengalami hambatan teknis di dalam pelaksanaan registrasi akun LTMPT dapat menyampaikan melalui Call Center LTMPT di nomor: 08041450450 atau Helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id ,” pungkas Indra Ridwan.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Hum., mengingatkan agar calon Mahasiswa dan Mahasisiwi yang ingin masuk ke Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung agar mengupload karya serta portofolio yang bagus dan jangan seadanya, “Jangan lupa menuliskan deskripsi diri dengan format PDF, ditambah data -data prestasi,” ujarnya.

ISBI Bandung sendiri pada tahun 2020 akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dukungan kemitraan dari perguruan tinggi di sekitar ISBI Bandung.

Saat ini yang sudah menyatakan siap untuk bermitra dengan ISBI Bandung dalam pelaksanakan UTBK yakni LPKIA, ISBI Bandung sendiri akan menerima Perguruan Tinggi yang ingin bermitra pada pelaksanaan UTBK. (BRH)

Comments are closed.