Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Selenggarakan PKM di UMKM Konveksi Cibeunying

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dosen dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung berkesempatan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Selasa hingga Jumat, (17-20/12/2019), di Grindo Wear jalan Alamanda V no.64 Bojong Kacor, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan Bandung, kegiatan ini sendiri merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan Dosen dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung dilaksanakan dengan tujuan memberikan penambahan pengetahuan mitra UMKM konveksi dalam hal pengelolaan sistem kerja, dan untuk membantu meningkatkan produktivitas usaha.

Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah penyuluhan dan pendampingan penerapan konsep 5S, yaitu Seiri (ringkas), Seiton (rapi), Seiso (resik), Seiketsu (rawat), dan Shitsuke (rajin) untuk pengaturan tempat kerja agar lebih efisien.

Tujuan penerapan prinsip 5S ini untuk meningkatkan kenyamanan tempat kerja agar selalu bersih, teratur, dan mengurangi bahaya di tempat kerja, sehingga terhindar dari kecelakaan, juga menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.

Kegiatan Produksi di Grindo Wear Hasil dari kegiatan PkM ini adalah diperolehnya identifikasi sistem kerja yang perlu perbaikan pada UMKM mitra, dan penyuluhan serta pendampingan penerapan prinsip 5S pada sistem kerja mitra untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

Pemilik Gerindo Wear Shendy Faizal Shiddiq mengatakan, setelah penyuluhan dan pendampingan yang diberikan melalui kegiatan PkM Universitas Widyatama ini, nampak produktivitas pekerja menjadi meningkat, dan pekerja menjadi lebih tertib melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, karena dibantu dengan beberapa petunjuk (display) yang disiapkan oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama.

Selain itu, dalam kegiatan PkM terjadi saling tukar menukar ilmu dengan pihak Universitas Widyatama, “Kami sangat senang mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang efisiensi sistem kerja, dan kami pun senang dapat berbagi kepada Mahasiswa bagaimana praktik proses produksi pada industri konveksi,” kata Shendy Faizal Shiddiq.

Kegiatan PkM Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama di Gerindo Wear merupakan Pilot Project untuk UMKM konveksi di Bandung.

Dengan hasil positif yang telah dirasakan oleh masyarakat, maka pada kegiatan PKM berikutnya akan melibatkan sejumlah Home Industry konveksi yang lebih banyak, agar hasil positif kegiatan ini dapat dirasakan oleh UMKM lainnya.

Seperti diketahui, kegiatan PkM yang telah terselenggara dengan baik ini dibiayai oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Widyatama sesuai dengan Kontrak PkM Semester Ganjil 2019/2020.

Menurut Kemenperin (2019), pertumbuhan industri tekstil dan pakaian jadi (konveksi) di Indonesia cukup tinggi.

Pada tahun 2016 industri tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 0,09% dan pada tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 3,83%, maka pada tahun 2018 menjadi 8,73%, dan berdasarkan BPS Kota Bandung, industri konveksi di Bandung sebagian besar dikembangkan oleh UMKM.

Perkembangan yang cukup pesat pada usaha ini dinilai sangat potensial untuk terus memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Namun, salah satu tantangan internal yang dihadapi UMKM yaitu masih terbatasnya pengetahuan pelaku UMKM dalam tata kelola organisasi dan manajemen yang berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas dan kualitas dalam mendukung keunggulan bersaing.

Video kegiatan PkM Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama dapat diakses melalui laman YouTube https://www.youtube.com/watch?v=bJ783h1PZOw dengan tajuk “PKM TI UTama di UMKM Konveksi”. (Verani Hartati, S.T., M.T.)