IKA UNPAD Gelar Reuni Akbar dan Pemilihan Ketua Umum pada 4 April 2020

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) akan menggelar Reuni Akbar dan Pemilihan Ketua IKA UNPAD dengan tema, “Hayu Babarengan Ngapungkeun UNPAD”, Sabtu, (4/4/2020), di Kampus UNPAD jalan Dipati Ukur Bandung.

Hal ini terungkap saat Press Conference Launching Reuni Akbar dan Pemilu Raya IKA UNPAD, Rabu, (15/1/2020), di Gedung IKA UNPAD jalan Singaperbangsa No.1 Bandung, hadir Ketua Reuni Akbar dan Pemilu Raya UNPAD M.Kh. Rachman Ridhatulah, S. Sos. M. Si., Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UNPAD Muradi, M. Si., M. Sc., Ph. D., dan Anggota Panitia Mubes & Pemilu Raya IKA UNPAD Nugroho Adinegoro, S. IKom.

Anggota Panitia Mubes & Pemilu Raya IKA UNPAD Nugroho Adinegoro saat Press Conference mengatakan, bagi Universitas Padjadjaran, alumni adalah representasi kualitas Perguruan Tinggi, “Bahkan IKA UNPAD sebagai wadah organisasi keluarga alumni UNPAD dalam eksistensinya telah diakui memiliki peranan penting dalam pembangunan di tingkat nasional maupun dunia,” tegasnya, ” Banyak lahir alumni-alumni Universitas Padjadjaran yang dipercaya oleh bangsa dalam peran sertanya membangun kemajuan negeri,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Reuni Akbar dan Pemilu Raya UNPAD M.Kh. Rachman Ridhatulah mengatakan, di ujung kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran periode 2016-2020 yang dipimpin Hikmat Kurnia selaku Ketua Umum dan Muradi sebagai Sekretaris Jenderal, telah banyak peran dan kontribusi yang dilakukan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran sebagai mitra strategis kelembagaan alumni dan negara dalam upaya terwujudnya Indonesia maju, mandiri, berdaulat dengan semangat kolaboratif.

“Berbagai program dan kerjasama dalam empat tahun terakhir telah dilakukan IKA UNPAD di berbagai bidang, baik di Jawa Barat maupun kancah nasional,” ungkap Rachman Ridhatulah, “Kontribusi ini adalah bukti nyata alumni Universitas Padjadjaran hadir dan ikut serta dalam pembangunan nasional di berbagai sektor,” tegasnya.

Lebih lanjut Rachman Ridhatulah mengatakan, akhirnya setelah empat tahun Hikmat Kurnia memimpin lebih dari 400.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia, tiba saatnya kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2016-2020 akan berakhir, “Saatnya tampuk kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran berpindah,” pungkasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UNPAD Muradi berharap Pemilihan Ketua Umum IKA UNPAD berjalan normal dan meriah, “Kami asumsikan ada 5.000 alumni yang berpartisipasi dalam Pemilihan Ketua Umum IKA UNPAD dengan model baru menggunakan Barcode,” ujarnya.

Lebih lanjut Muradi mengatakan, IKA UNPAD saat ini sudah membangun pondasi yang baik agar lebih aktif, lebih responsif, dan lebih bisa mengayomi, “IKA UNPAD bahkan selalu men-support Mahasiswa dalam bentuk beasiswa,” ungkapnya, “Kami berharap IKA UNPAD menjadi rumah bersama,” ujarnya.

Muradi menegaskan, jabatan Ketua Umum IKA UNPAD merupakan jabatan yang prestisius, “Karena Ketua Umum IKA UNPAD merupakan ex officio anggota Majelis Wali Amanat UNPAD,” tegasnya, “Contohnya saat pemilihan Rektor UNPAD terjadi perdebatan sengit di IKA UNPAD, di situlah letak strategis, politis, dan kontribusi Ketua Umum IKA UNPAD,” ungkapnya.

“Prestisius yang lainnya dari Ketua Umum IKA UNPAD yaitu upayanya untuk menjadi lima besar Ikatan Alumni di Indonesia, dan menjadi rujukan baik Ketuanya maupun Sekjennya,” ungkap Muradi.

Di akhir paparannya Muradi mengungkapkan, kendala IKA UNPAD saat ini adalah ketersediaan anggaran, “Diharapkan ke depan IKA UNPAD memiliki Dana Abadi untuk mendanai kegiatan-kegiatan IKA UNPAD,” pungkasnya.

Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 diadakan berdasarkan Anggaran Rumah Tangga Pasal 10 ayat 2 yang ditetapkan pada Mubes Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran pada 16 April 2016.

Musyawarah Besar Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 Maret 2020, sementara Reuni Akbar dan Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran akan dilaksanakan pada Sabtu, 4 April 2020.

Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 akan kembali menggunakan sistem one man one vote secara langsung di Kampus Universitas Padjadjaran Dipati Ukur Bandung.

Tema besar Reuni Akbar dan Pemilihan Raya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran adalah “Hayu Babarengan Ngapungkeun Unpad”, tema ini memiliki makna di usia Universitas Padjadjaran yang menginjak 63 tahun maka seluruh keluarga besar Universitas Padjadjaran memiliki tekad besar untuk bersama-sama memajukan Universitas Padjadjaran yang berprestasi dan bereputasi dunia serta berdampak pada masyarakat luas.

Sebagai universitas yang telah memiliki jejaring nasional dan dunia, Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran memiliki tekad untuk terus menghimpun potensi-potensi sumber daya manusia Universitas Padjadjaran yang kompeten, kompetitif, berkarakter dan produktif dan beradaptasi dengan kemajuan pembangunan, sehingga keberadaan lulusan Universitas Padjadjaran terus memberikan nilai bagi kehidupan manusia.

Seluruh tahap pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 akan berlangusung  16 Januari – 14 Februari 2020.

Proses pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 ditutup tanggal 14 Februari 2019 pada pukul 20.00 WIB.

Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 akan ditetapkan dan diumumkan pada 19 Februari 2020 setelah proses verifikasi selesai dilakukan.

Berkas pendaftaran Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran 2020-2024 dapat diambil di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran jalan Singaperbangsa No.1 Bandung pada setiap Hari Kerja (Senin – Jumat) Pukul 13.00 hingga 20.00 WIB.

Pengambilan dan penyerahan berkas yang telah dilengkapi sesuai persyaratan dapat dilakukan oleh pendaftar (bakal calon, tim sukses atau manajer kampanye) yang bersangkutan pada setiap Hari Kerja (Senin-Jumat) pada pukul 13.00-20.00 WIB dengan perjanjian di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran jalan Singaperbangsa No.1 Bandung.

Berdasarkan Peraturan Panitia Musyawarah Besar dan Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran No. No. 002/MUBES/IKA-UNPAD/XII/2020, maka ditetapkan syarat-syarat bakal calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, yakni sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.
  2. Setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.
  3. Pernah Kuliah dan/Lulus Diploma, S1, S2, dan S3 di Universitas Padjadjaran, yang dibuktikan dengan Ijazah atau keterangan lainnya yang menyatakan pernah kuliah di Universitas Padjadjaran.
  4. Berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Mampu secara jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat
  6. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan yang akan disiapkan oleh Penitia Pemilihan Raya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran.
  8. Pencalonan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, minimal mendapat dukungan dari 2 (dua) Komisariat Fakultas dan/atau Komisariat Daerah atau mendapat dukungan minimal 250 dukungan alumni yang dibuktikan dengan Kartu tanda Alumni dan Formulir dukungan. Dukungan sebagaimana dimaksud, hanya diberikan kepada 1 (satu) Bakal Calon. (BRH)