Aschie Craft Ramaikan Dunia Craft Kota Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dunia Craft di kota Bandung semakin semarak dengan kehadiran Komunitas Aschie Craft dan WhatsApp Group (WAG) Bocor Craft Workshop yang rutin menyelenggarakan Craft Workshop bagi para ibu-ibu dan kalangan muda.

Aschie sendiri singkatan dari Aster (Aster Kartika) dan Chiechie (Asriati Bhimarjuna), yang merupakan pendiri Aschie Craft, sedangkan WAG Bocor Craft Workshop merupakan grup WA yang di dalamnya adalah anggota Aschie Craft yang didominasi kalangan akademisi.

Asriati Bhimarjuna ketika ditemui para awak Media saat mengadakan Craft Workshop Kimekomi sekaligus Reuni WAG Bocor Craft Workshop bersama 30 orang anggotanya, Rabu, (22/1/2020), di Cafe Cinde jalan Pahlawan Bandung, mengatakan, Aschie Craft telah memulai kegiatan Craft Workshop sejak tahun 2006 silam.

“Saya dan Aster Kartika di tahun 2005/2006 memberikan kursus Craft kepada orang tua murid SD Istiqomah yang sedang menunggu anaknya pulang sekolah, tempat kursusnya di pelataran Masjid Istiqomah di jalan Citarum Bandung,” kata Asriati Bhimarjuna atau biasa disapa Chiechie.

“Saat itu kami memberi kursus cara membuat sulam pita, box-box cantik, dan tas serta selimut dari kain perca,” ungkap Asriati Bhimarjuna.

“Setelah anak-anak kami lulus dari SD Istiqomah, akhirnya kami sering mengadakan Craft Workshop untuk perorangan maupun group, baik di rumah maupun di instansi Perbankan, Kepolisian, dan Telkom,” pungkas Asriati Bhimarjuna.

Aster Kartika menambahkan, sejak tahun 2016, Aschie Craft mulai melakukan Craft Workshop di Cafe-Cafe, “Hingga saat ini Aschie Craft bersama anggota WAG Bocor Craft Workshop rutin mengadakan Craft Workshop dua minggu sekali di Cafe Cinde jalan Pahlawan No.58 Bandung setiap Rabu atau Sabtu,” ujarnya.

“Home Base Aschie Craft sendiri berada di jalan Zamrud komplek Setiabudi Regency Bandung,” pungkas Aster Kartika.

Pencetus WAG Bocor Craft Workshop, Arumsari atau biasa disapa Jeng Arum mengatakan, WAG Bocor Craft Workshop dibuat sejak 4 November 2018, “Siapapun boleh bergabung di Bocor Craft, yang penting tertarik dengan Craft, dan hingga saat ini Bocor Craft sudah memiliki 39 anggota,” ungkapnya.

Salah satu pemateri Workshop Craft, Suci mengatakan, dirinya diberi kesempatan memberikan materi tentang Kimekomi, “Kimekomi adalah seni karya yang berasal dari Jepang, Kimekomi sendiri artinya menyelipkan,” ungkapnya.

“Awalnya Kimekomi menggunakan media boneka kayu yang dibalut dengan sisa kain dengan cara ditempel atau diselipkan,” ungkap Suci, “Akhirnya Kimekomi berkembang dengan media stryofoam bulat, dan sering digunakan untuk ornamen, hiasan dinding, dan tempelan di kulkas,” pungkasnya.

Bagi masyarakat umum ataupun instansi yang tertarik mengikuti Craft Workshop bersama Aschie Craft, dapat mengunjungi Instagram (IG): @Aschiecraft atau @aster.kartika .(BRH)