Anggota DPR RI M. Farhan Kundapil di Kelurahan Babakan Surabaya dan Cikutra Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Dapil Jabar l (Bandung-Cimahi), Muhammad Farhan mengadakan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya di RW 06 Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, dan RW 11 (Sekewood) Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul kota Bandung, Sabtu, (8/2/2020).

Muhammad Farhan dalam kundapil di RW 06 Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong disambut antusias masyarakat, dan sempat membahas masalah kesehatan dan pendidikan yang masih menjadi persoalan di tengah masyarakat, khususnya di kawasan padat penduduk.

Muhammad Farhan dalam blusukannya ke gang sempit ini melakukan pertemuan tatap muka di Balai Pertemuan warga RW 06, Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, Politisi NasDem ini menerima banyak keluhan masyakarat seputar kesehatan, pendidikan, dan permintaan bantuan modal usaha.

Sedangkan di RW 11 (Sekewood) Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Muhammad Farhan menyoroti masalah minimnya anggaran Posyandu yang dikucurkan pemerintah, “Tugas para kader Posyandu tidak sebanding dengan pekerjaan yang harus diemban,” ujarnya.

“Maka kita perlu mengevaluasi kembali format pemberdayaan posyandu yang selama ini betul-betul diserahkan pada kemandirian masyarakat,” ungkap Muhammad Farhan.

“Padahal bentuk bantuan dari pemerintah selalu dalam bentuk bantuan program dari Puskesmas, dan satu Puskesmas belum tentu dapat melayani Posyandu di setiap RW,” kata Muhammad Farhan.

“Oleh karena itu harus dicari mekanisme baru yang mengatur pemberdayaan Posyandu yang lebih mandiri,” kata Muhammad Farhan, ‘Karena Posyandu merupakan ujung tombak penanggulangan masalah kesehatan, apalagi saat ini tengah digaungkannya masalah pencegahan Stunting,” ujarnya.

Lebih lanjut Muhammad Farhan menegaskan, Posyandu merupakan ujung tombak untuk penanggulangan masalah Stunting, “Kita semua tahu Stunting merupakan program prioritas nasional,” ujarnya.

Selain Posyandu dan Stunting, Muhammad Farhan juga menyoroti dampak dari game online, “Memang benar di lingkungan keluarga dan masyarakat terdapat masalah kecanduan game online,” ungkapnya, ‘Maka perlu menjadi perhatian khusus bagi orang tua terutama dalam menjaga kebiasaan anak-anak bermain game online,” pungkasnya.

Dalam Kundapil kali ini, Muhammad Farhan sempat memberikan bantuan dana kepada masyarakat, yang diserahkan langsung kepada Ketua RW untuk dipergunakan sebaik-baiknya bagi masyarakat. (BRH)