Akhirnya Enam Calon Ketua Umum IKA Unpad Ditetapkan

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Gong kontestasi Pemilu Raya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) Tahun 2020 resmi digaungkan setelah penetapan Peserta Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad, pengundian nomor urut calon, serta deklarasi kampanye pemilu raya damai dilaksanakan di Sekretariat IKA Unpad jalan Singaperbangsa No.1 Bandung, Rabu, (19/2/2020).

Antusiasme yang cukup tinggi dari para alumni menghasilkan nama-nama terbaik dimana seluruh calon yang diverifikasi berhasil lolos sebagai Peserta Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad.

Nama-nama tersebut berdasarkan undian nomor urut yakni:

  1. Tatan Pria Sudjana, S.Si., M.H.
  2. Dr. Tasdiyanto, S.P., M.Si.
  3. Dr. Ary Zulfikar, S.H., M.H.
  4. Dr. Hadiyanto, S.H., LL.M.
  5. Irawati Hermawan, S.H., M.H.
  6. Dr. H. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si.

Semua dokumen persyaratan dukungan dan kelengkapan telah diverifikasi oleh panitia Mubes dan Pemilu Raya IKA Unpad.

Dukungan calon bisa didapatkan minimal dari dua Komisariat baik Komisariat Fakultas atau Komisariat Daerah, serta dari dukungan perseorangan dengan jumlah minimal 250 dukungan alumnus Unpad disertai tanda tangan dan kartu identitas.

Keenam calon tersebut kini bersiap untuk menghadapi masa kampanye yang berlangsung dari 19 Februari hingga 4 April 2020.

Kampanye dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti tatap muka, media sosial, media massa, dan publikasi di ruang umum yang semua merujuk pada peraturan yang telah ditetapkan.

Para calon Ketua akan diundang pada Gala Dinner “Malam Terima Kasih Alumni” yang mengundang para alumni terbaik Unpad dari berbagai profesi sebagai ajang silaturahmi dan titik temu visi keluarga besar Unpad di Jakarta pada 12 Maret

Panitia juga memfasilitasi Dialog Publik dan Pemaparan Visi Misi Calon Ketua IKA Unpad pada 20 Maret 2020.

Partisipasi dalam kontestasi Pemilu Raya IKA Unpad tidak hanya sebagai bentuk komitmen keenam kontestan terkait keguyuban alumni Unpad dan kemajuan almamater, tetapi juga sebagai bagian dari tema “Hayu Babarengan Ngapungkeun Unpad”.

Dalam catatan perjalanan usia Unpad yang menginjak 62 tahun, Unpad telah melahirkan hampir 300.000 alumni yang tersebar di multi sektor baik nasional maupun internasional.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para kandidat untuk menuangkan ide dan gagasannya untuk menjadikan Unpad dengan segala potensi dan jejaring yang dimilikinya sebagai motor penggerak pembangunan

Pelaksanaan Pemilu Raya IKA Unpad akan dilaksanakan pada Sabtu 4 April 2020 di Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Sistem registrasi pemilih akan melibatkan data center Universitas Padjadjaran sebagai institusi resmi yang mengeluarkan database alumni untuk memverifikasi nama alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proses pendataan pemilih dalam Pemilu Raya IKA Unpad dilaksanakan mulai 1 Maret 2020 sampai dengan hari H pelaksanaan pada 4 April 2020.

Ketua panitia Mubes dan Pemilu Raya IKA Unpad, Slamet Usman Ismanto, menghimbau kepada seluruh alumni agar berpartisipasi aktif dalam agenda Pemilu Raya dan Reuni Akbar.

“Suara alumni Unpad sangat berpengaruh bagi kemajuan alumni Unpad dan almamater, apalagi dalam visi besar Unpad, satu alumni harus memberi satu mashlahat demi mewujudkan Unpad sebagai kampus 500 besar dunia,” kata Slamet Usman Ismanto.

“Target panitia menghadirkan 5.000 alumni untuk menyukseskan Pemilu Raya dan Reuni Akbar IKA Unpad,” pungkas Slamet Usman Ismanto.

Sedangkan Ketua IKA Unpad periode 2016-2020, Hikmat Kurnia mengatakan, keenam Calon Ketua Umum IKA Unpad merupakan orang-orang yang mendaftarkan diri dan telah memenuhi seluruh syarat yang dibutuhkan, “Diantaranya telah mendapat dua tandatangan dari Komisi Fakultas atau Komisi Daerah, atau mendapat pernyataan dukungan dari minimal 250 alumni Unpad,” ujarnya.

“Para Calon Ketua Umum IKA Unpad sudah melewati tahap verifikasi berkas, dan mulai hari ini semua berhak berkampanye sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” tegas Hikmat Kurnia.

Lebih lanjut Hikmat Kurnia mengatakan, Calon Ketua Umum IKA Unpad harus memiliki tiga sasaran, mereka juga diharapkan dapat mendukung salah satu tujuan Unpad untuk mencapai peringkat top 500 universitas di dunia.

“Nantinya Ketua Umum IKA Unpad terpilih harus dapat bermanfaat bagi alumninya, bermanfaat bagi almamaternya juga bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata Hikmat Kurnia.

“Ketua Umum IKA Unpad terpilih harus memiliki niat baik dan keikhlasan untuk bekerja selaras dengan tujuan Unpad, yakni menjadi 500 universitas terbaik dunia,” pungkas Hikmat Kurnia. (BRH)