Anggota DPR RI Muhammad Farhan Gelar Reses Masa Sidang II di Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Dapil Jabar l (Bandung-Cimahi), Muhammad Farhan menggelar Kegiatan Reses Masa Sidang II 2019-2024 di dua wilayah di kota Bandung untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, Sabtu, (7/3/2020).

Wilayah pertama yang dikunjungi Muhammad Farhan yakni RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Ratusan warga sangat antusias menyambut dan mendengarkan paparan Muhammad Farhan terkait tugas-tugasnya sebagai anggota DPR RI.

Setelah sebelumnya Muhammad Farhan mendengarkan aspirasi, keluhan, dan masukan dari Lurah dan warga RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik, dirinya langsung memberi jawaban dan menanggapi dengan serius.

“Setahun lalu saya ke wilayah ini saat berkampanye, dan saat ini saya datang kembali setelah terpilih menjadi anggota DPR RI,” kata Muhammad Farhan di awal paparannya.

Lebih lanjut Muhammad Farhan menegaskan, dirinya sebagai anggota DPR RI tidak bisa bekerja sendiri, “Itulah proses politik, melakukan pendidikan politik harus dengan cara turun langsung menemui warga masyarakat dan bekerjasama dengan aparat terkait,” ujarnya.

“Saat ini saya di Komisi I DPR RI, maka bila ada Warga yang anggota keluarganya berada di luar negeri dan sulit kembali ke Indonesia, maka bisa menghubungi saya untuk saya bantu kepulangannya, asalkan masih memegang paspor Indonesia dan masih mengaku sebagai WNI,” kata Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan juga mengajak warga RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik untuk tidak percaya Hoax terkait Virus Corona, “Terkait berita-berita tentang virus Corona, kita lebih baik melihat dan percaya apabila berita tersebut muncul di TVRI, RRI, dan LKBN Antara,” tegasnya.

Muhammad Farhan juga menyoroti pinjaman online yang muncul di masyarakat, “Hati-hati pinjaman online, karena membuat kita merasa punya uang, padahal tidak, karena bunganya sangat mencekik,” tegasnya.

“Saat ini pinjaman mikro di bawah 5 juta rupiah sedang diperketat oleh Bank Indonesia,” ungkap Muhammad Farhan.

“Selain itu dalam enam bulan ke depan, masyarakat Indonesia akan menghdapi perlambatan ekonomi,” ungkap Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan juga rencananya akan membantu Pos Yandu terkait kurangnya meja dan kursi, mendorong pembangunan Gedung Serba Guna, serta pembangunan Lapangan Volley di wilayah RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik.

Muhammad Farhan juga menyoroti tentang pentingnya sanitasi lingkungan, “Pembangunan MCK di wilayah ini akan saya dorong, karena Ibu hamil dan anak-anak di bawah dua tahun tidak boleh diare, karena bisa mengalami resiko stunting,” tegasnya.

Selain itu Muhammad Farhan akan mendorong pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ramah lingkungan di wilayah RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik.

Di akhir kunjungan Muhammad Farhan memberikan bantuan dana secara simbolis untuk Warga RW 4 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik yang diterima secara langsung oleh Ketua RW.

Wilayah kedua yang dikunjungi Muhammad Farhan adalah warga RW 04 Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul kota Bandung.

Muhammad Farhan seperti biasa mendengar terlebih dahulu aspirasi, keluhan, dan masukan dari Warga, yang kemudian akan dijawab dan diberikan solusinya.

Menariknya di wilayah RW 04 Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul kota Bandung terdapat warga yang anggota keluarganya bernama Reni Safitri yang sudah 7 tahun berada di Kuala Lumpur Malaysia dan tidak bisa pulang ke Indonesia karena kabur dari rumah majikannya akibat sering dianiaya dan tidak diberi gaji.

Muhammad Farhan pun berjanji akan membantu kepulangan warga tersebut dengan cara mengontak Kementerian Luar Negeri, “Saya sudah biasa melakukan pendampingan terhadap WNI yang berada di luar negeri,” ujarnya.

Muhammad Farhan di hadapan warga RW 04 Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul juga mendengarkan keluhan warga terkait kenaikan iuran BPJS, masalah pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang belum merata, dan akan mendorong perjuangan anggota DPRD Bandung terkait bahasan anggaran Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP)

Muhammad Farhan di akhir kunjungannya secara simbolis memberikan bantuan dana untuk warga RW 04 Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul. (BRH)