Saat Reses, Farhan Tampung Keluhan Warga Cijawura Terkait Banjir

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Dapil Jabar l (Bandung-Cimahi), Muhammad Farhan mendengar dan menampung keluhan Warga RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung Saat Kegiatan Reses Masa Sidang II 2019-2024, Minggu, (8/3/2020), di Lapangan Serbaguna Jalan Bunga Bakung III Bandung.

Kedatangan Muhammad Farhan sendiri ke wilayah RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung adalah untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi warga.

Ratusan warga RW 07 Kelurahan Cijawura sangat antusias menyambut dan mendengarkan paparan Muhammad Farhan terkait tugas-tugasnya sebagai anggota DPR RI.

Salah satu warga RW 07 Kelurahan Cijawura di hadapan Muhammad Farhan mengeluhkan permasalahan banjir yang selalu melanda komplek pemukimannya.

Warga RW 07 Kelurahan Cijawura yang lainnya pun mengamini dan mengakui, permasalahan banjir telah disampaikan berulang kali pada Pemerintah Kota Bandung dan Walikota Bandung Oded M. Danial, namun hingga kini belum mendapat tanggapan.

Warga RW 07 Kelurahan Cijawura mengungkapkan, banjir yang melanda setiap tahun di wilayahnya semakin parah, seiring dengan banyaknya kompleks pemukiman yang dibangun.

Menanggapi keluhan warga RW 07 Kelurahan Cijawura, Muhammad Farhan mengatakan, banjir di wilayah RW 07 Kelurahan Cijawura dan sekitarnya agak sulit ditangani, dikarenakan di wilayah tersebut peruntukannya bukan untuk pemukiman.

“Wilayah di sini sebelum ada pemukiman merupakan sawah, air turun dari atas dari irigasi yang lama, maka sistem hidrologi ini yang ternyata belum ditangani dengan baik oleh Pemerintah kota Bandung,” ungkap Muhammad Farhan.

Lebih lanjut Muhammad Farhan mengatakan, sebagai upaya, harus diambil langkah hidrologi untuk rekayasa pengalihan aliran air untuk menghindari tergenangnya pemukiman di RW 07 Kelurahan Cijawura saat terjadi hujan.

Muhammad Farhan menegaskan, dirinya selaku Anggota DPR RI akan mendorong permasalahan banjir di wilayah RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung ke Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Wilayah RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu merupakan wilayah Kota Bandung, sedangkan pengaturan air baku dan sebagainya ada di wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maka harus dibicarakan bersama,” kata Muhammad Farhan.

Selain membahas masalah banjir, beberapa permasalahan juga di sampaikan warga RW 07 Kelurahan Cijawura, diantaranya masalah peningkatan pengamanan di komplek warga hingga peningkatan sarana serta ruang publik.

Di akhir kunjungan, Muhammad Farhan memberikan bantuan dana secara simbolis untuk Warga RW 07 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buah Batu untuk digunakan bagi kepentingan warga. (BRH)