Mendagri Minta Pemda dan Aparat Fasilitasi Pengungsi Timika

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah dan Aparat Keamanan memfasilitasi pengungsi yang ada di Timika.

Hal ini disampaikan Mendagri usai melakukan pertemuan dengan Menkopolhukam di Kantor Kemenkopolhukam Jakarta Pusat, Selasa, (10/3/2020).

“Di Timika ada kelompok bersenjata, kemudian ada Satgas Gabungan dari TNI dan Polri, juga yang ada di sekitar Freeport, Kelompok bersenjata ini ingin melakukan gangguan keamanan, kemudian masyarakat ketakutan, sehingga minta diamankan di Timika, langkah selanjutnya adalah yang meminta diamankan ini agar difasilitasi oleh Pemda Mimika,” kata Mendagri.

Mendagri mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan Pemda setempat dan meminta agar TNI dan Polri memperkuat pengamanan demi melindungi masyarakat.

“Kita sudah komunikasi, Dirjen saya sudah minta untuk komunikasi dengan Bupati, kemudian juga Polres dan Kodim yang membantu mereka, sambil kita memperkuat pengamanan di sana oleh Panglima TNI dan Kapolri,” kata Mendagri.

Mendagri juga meminta Pemerintah Daerah setempat untuk melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat.

Mendagri dengan tegas menyatakan tak akan membiarkan kekerasan di Tanah Papua maupun di wilayah NKRI.

“Kita tidak boleh membiarkan adanya kekerasan, kita harus tegakkan hukum siapapun dia, tegas saya minta kepada Kapolri dan Panglima TNI, Satgas yang ada kalau perlu tambah perkuat lagi,” kata Mendagri.

“Negara tidak boleh kalah oleh kelompok yang melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum, apalagi menggunakan senjata,” pungkas Mendagri. (BRH / RLS)