Grab Perkuat Langkah Perangi COVID-19 di Kota Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. (23/3/2020). Sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah pada 16 Maret 2020, Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemik COVID-19 melalui gerakan KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk di kota Bandung dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung, Grab membagikan masker di lima titik vital di kota Bandung, di antaranya, Dago, Pasteur, Merdeka dan Asia Afrika.

Pembagian masker tersebut akan diprioritaskan terlebih dahulu bagi masyarakat pengguna jalan yang melintasi daerah-daerah tersebut guna melindungi diri dari resiko terinfeksi virus Corona.

“Gerakan Kita versus Corona merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19,” kata Partner Engagement Strategy Lead Jawa Barat Grab Indonesia Mawaddi Lubby.

“Langkah selanjutnya kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Bandung dan sekitarnya,” ujar Mawaddi Lubby.

Lebih lanjut Mawaddi Lubby mengatakan, dasar pemilihan lokasi dimaksud merupakan hasil koordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung, sebab daerah-daerah tersebut dinilai lebih ramai dilalui oleh pengendara dibanding daerah lainnya, kendatipun adanya himbauan untuk Social Distancing dan beraktifitas dari rumah oleh Pemerintah Kota Bandung.

Penyemprotan Disinfektan Kendaraan Mitra Pengemudi

Di waktu yang sama, Grab juga menyediakan pos disinfektan gratis untuk Mitra Pengemudi.

Program ini merupakan kerjasama dengan Stop Corner Car Wash Bandung untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona melalui Mitra Pengemudi maupun penumpang Grab.

Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer di beberapa bagian luar dan dalam kendaraan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.

Mawaddi Lubby menjelaskan, proses penyemprotan disinfektan akan cukup efektif sebagai bagian dari upaya mengendalikan penularan COVID-19 jika rutin dilakukan.

“Melalui program ini, Grab ingin memberikan rasa aman yang lebih bagi mitra pengemudi maupun pelanggan,” kata Mawaddi Lubby.

“Kami bekerjasama dengan Partner bisnis Grab yang terpercaya untuk menyediakan disinfektan untuk kendaraan Mitra Pengemudi, baik GrabBike maupun GrabCar,” kata Mawaddi Lubby, “Program ini dirancang secara gratis untuk 200 Mitra Pengemudi Grab melalui program GrabBenefit,” ujarnya.

Mawaddi Lubby menambahkan, program disinfektan diharapkan dapat rutin dilaksanakan selama beberapa waktu ke depan, setidaknya hingga pandemi COVID-19 mereda.

“Selain itu, Grab juga menyediakan potongan harga layanan cuci atribut dan kendaraan bagi Mitra Grab,” ujar Mawaddi Lubby.

Inisiatif Grab tersebut melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional yang diantaranya terdiri dari:

Fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, Grab telah memperkenalkan
‘Pemesanan Tanpa Kontak’ bagi pelanggan dan mitra pengemudi.

Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah berikut:

  • Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.
  • Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan, dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya dua meter dari pesanan tersebut.
  • Grab sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai.

Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Edukasi Pencegahan COVID-19 bagi Mitra Merchant GrabFood

Grab juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan disinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan.

Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan disinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

Mitra Pengemudi dan Pengiriman adalah Tulang Punggung Platform Grab

Grab juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika di antara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

Menghubungkan Masyarakat dan Bisnis dengan GrabExpress

Dengan semakin banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, maka Grab memperluas jaringan GrabExpress melalui kerja sama dengan Ninja Xpress.

Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik,” kata Mawaddi Lubby.

“Kami akan memanfaatkan hashtag kita versus corona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Mawaddi Lubby. (BRH / RLS)